KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

pakde_PJGC.jpgProgram Jakarta Green and Clean  (JGC) adalah salah satu program Corporate Social Responbility PT. Unilever, yang merupakan kelanjutan dari kampanye lingkungan di Surabaya yang disebut  Surabaya Green and Clean (SGC). Kegiatan ini terselenggara oleh PT Unilever peduli lingkungan bekerjasama dengan Republika, Aksi Cepat Tanggap (ACT), Delta FM yang didukung oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup dan Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) DKI Jakarta.  

Lomba kebersihan Lingkungan se DKI Jakarta ini adalah   yang kedua kalinya diikuti  oleh 623 RT, jumlah ini meningkat secara dratis dari tahun sebelumnya, —tahun 2006 yang hanya 106 RT peserta. Kemudian dari 623 RT ini diseleksi  sehingga terpilih 50 RT  yang dinyatakan berhak maju ke babak berikutnya, dari 50 RT ini dilakukan proses seleksi tahap kedua dan meloloskan 20 RT, jumlah terakhir ini kemudian dilakukan penyeleksian yang lebih ketat untuk ditentukan pemenangnya, yang akhirnya terpilih dan diumumkan  5 (lima) RT sebagai pemenangnya.

Kelima  RT sebagai Juara tersebut adalah : Juara I,  RT 05/RW 08  Kelurahan Ciracas, Kec. Ciracas, Jakarta Timur. Juara II, RT 12/RW 03 Kel. Kelapa Gading Barat, Kec. Kelapa Gading , Jakarta Utara. Juara III,  RT 07/RW 04 Kel. Kedoya Utara, Kec. Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Juara IV, RT, 10/RW 02 Kel. Pasar Minggu, Kec. Pasar Minggu Jakarta Selatan, dan  Juara V, RT 03/RW 03 Kel. Mampang Prapatan, Kec. Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, yang masing-masing selain menerima tropi juga diserahkan uang  tunai .

Selain memilih juara, penutupan Jakarta Green and Clean 2007 yang berlokasi di Parkir Utara Gelora Bung Karno juga dimeriahkan pesta rakyat hasil dari kreatifitas warga RT yang masuk 20 besar. Selain pesta rakyat juga diumumkan  tiga relawan Aksi Cepat Tanggap (ACT) terbaik yaitu; Ahmad  Najmul Falah dari Jakarta Timur,  Slamet Kumianto dari Jakarta Utara, dan Suparmadi dari Jakarta Selatan. Tiga kader lingkungan juga dinobatkan sebagai Pejuang Lingkungan, mereka adalah  Otto S Mukhtar, Kanama Rini, dan Suwiji.

Sedangkan 3000 orang kader lingkungan lainnya yang diwakili oleh 100 kader dari 50 RT, dikukuhkan  secara resmi Oleh Drs. Sudariyono Deputi Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Negara Lingkungan Hidup, dengan diikuti  penyerahan Surtipikat Kader Lingkungan. dan penyematan PIN Warga Madani.

Dengan adanya program Jakarta Green and Clean (JGC), diharapkan dapat memberi inspirasi dan mendorong kepada sektor swasta lainnya untuk bersama-sama mengatasi masalah  lingkungan di Jakarta khususnya sampah, yang setiap harinya dihasilkan sekitar 25.687 m3 sampah yang terdiri 80 % sampah organik dan 20 % sampah nonorganik, dimana penyumbang sampah  terbesar  adalah rumah tangga yang mencapai 60 %.

Sumber:
Asdep Pemberdayaan Masyarakat Perkotaan
Jl. DI Panjaitan Kav 24 Kebon Nanas, Jak-Timur
Telp: 021- 85911211.