KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Pembahasan Penyusunan Rancangan Standar Kompetensi Bidang Lingkungan. Untuk Penyusun Dokumen AMDAL Petugas Pengambilan Contoh (PPC) Air Permukaan dan air Limbah, serta Manager Pengendalian Pencemaran Air (MPPA)

Pada tanggal 31 Juli 2007, Kementerian Negara Lingkungan Hidup (KLH) cq Asisten Deputi Urusan Standarisasi, Teknologi dan Produksi Bersih (selanjutnya disebut Asdep Standteksih) telah mernfasilitasi pembahasan terhadap usulan rancangan Standar Kompetensi Bidang Lingkungan.

Pembahasan dilakukan oleh Panitia Teknis Penyusunan Standar Kompetensi Personil dan Lembaga Jasa Lingkungan (selanjutnya disebut Panteknis SKPJL) dan para pemrakarsa usulan standar. Usulan rancangan Standar terdiri dari

Standar Kompetensi Personil Penyusun Dokumen AMDAL dan Persyaratan Kompetensi Lembaga Penyedia Jasa Penyusun Dokumen AMDAL, pernrakarsa : Asisten Deputi Urusan Pengendalian Dampak Lingkungan, KLH.

Standar Kompetensi Petugas Pengambil Contoh (PPQ Air Permukaan dan Air Limbah, serta Persyaratan Lembaga/Laboratorium Pengujian Parameter Lingkungan, pernrakarsa : Asdep Standteksih dan Pusat Sarana Pengendalian Dampak Lingkungan (Pusarpedal), KLH.

Hasil pernbahasan menyepakati bahwa untuk standar kompetensi AMDAL telah mencapai proses Rancangan Standar 1 (RS 1), dan untuk standar kompetensi PPC telah mencapai proses Rancangan Standar 2/3 (RS 2/3).

Proses selanjutnya adalah rapat teknis dengan wakil pihak berkepentingan untuk membahas kedua rancangan tersebut. Rapat teknis bertujuan untuk pernantapan mated substansi dengan mengundang wakil pihak berkepentingan untuk memberikan masukan atau tanggapan dari kelompok Pernerintah, Pengguna lasa, Penyedia Jasa dan Perguruan Tinggi dengan komposisi seimbang.

Rapat teknis akan dilaksanakan pada hari Selasa-Rabu, tanggal 28-29 Agustus 2007 bertempat di Twin Plaza Hotel, Slipi, Jakarta Barat.

Agenda rapat teknis membahas mengenai kedua rancangan standar diatas sekaligus pernbahasan terhadap usulan rancangan Standar Kompetensi Manajer Pengendalian Pencemaran Air (IVIPPA) di Industri, yang diprakarsai oleh Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Perindustrian dan Pernerintah Provinsi Jawa Barat.

Dokumen-dokumen rancangan standar yang akan dibahas pada rapat teknis dapat diakses melalui website ini. Sekretariat Panteknis menampung masukan dan tanggapan dari stakeholder terkait paling lambat tanggal 26 Agustus 2007 untuk dibahas bersama Panteknis beserta undangan lainnya.

Sumber dan informasi lenih Lanjut:

Sekretariat Panitia Teknis Standar Kompetensi Personil,
Asisten Deputi Urusan Standarisasi,
Teknologi dan Produksi Bersih,
Kementerian Negara Lingkungan Hidup
E-mail: kompetensi_lingkungan@yahoo.co.id