KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Dalam rangka ulang tahun SIKIB (Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu) yang ke VI,  SIKIB yang di ketuai Istri Presiden Republik Indonesia, ibu Ani Yudhoyono mengadakan EXPO yang digelar selama 3 hari, pada tanggal 3 – 5 Desember 2010 di Gedung SMESCO, Jakarta.

Antusiasnya pengunjung saat mengikuti Talkshow

Pada kesempatan ini Kementerian Lingkungan Hidup, dimana istri Menteri Negara Lingkungan Hidup, Ibu Violet Hatta sebagai anggota SIKIB, bekerjasama dengan para anggota SIKIB lainya mendirikan stand Indonesia Hijau, yang artinya selaras dengan harapan kita semua dalam upaya mengurangi perubahan iklim.

Kementerian Lingkungan Hidup mengajak kader peduli lingkungan binaannya yakni LSM Gerakan Peduli Lingkungan (GPL) dari Pekayon Bekasi untuk memperagakan kegiatan yang selama ini telah digeluti, bersama dengan masyarakat Pekayon. GPL mendapat kesempatan untuk memperagakan pembuatan kompos metode Takakura dan pemanfaatan bahan perca tersebut pada tanggal 5 Desember pukul 14.00 -16.00 WIB di stand Indonesia Hijau , disertai juga dengan mengadakan talkshow.

Peragaan berbagai kegiatan pengelolaan sampah rumah tangga dan pemberian hadiah dari KLH

Talkshow ini dibawakan oleh ibu Lala Ratna Komalasari dari LSM GPL.  Beliau menjelaskan bahwa sampah rumah tangga bisa mempunyai nilai ekonomis. Seperti kain perca yang dapat diolah menjadi pakaian, aksesoris rambut, tas dan  juga botol-botol bekas yang di lukis bisa dipakai untuk pajangan atau vas bunga.

Para pengunjung yang mengikuti talkshow tersebut mayoritas adalah ibu-ibu PKK dan bukan berarti tidak ada kaum bapak yang berpartisipasi pada acara ini,  mereka sangat antusias memperhatikan, bertanya dan mempelajari cara pengelolaan sampah rumah tangga karena acara talkshow ini juga diselingi dengan pemberian hadiah bagi siapa yang bisa menjawab pertanyaan. Mereka sangat senang dan berebutan menjawab pertanyaan. Dari cara mereka  menanggapi pembawa acara, terlihat bahwa mereka juga sudah melakukan   program 3R. Antara lain sudah peduli dengan lingkunganya seperti mengurangi penggunaan tisu dengan membawa sapu tangan didalam tas mereka, menanam tanaman herbal di halaman rumah, dan juga mengurangi penggunaan sampah plastik.  Pameran dan talkshow dari KLH  di stand Indonesia Hijau hanya berlangsung 2 jam, karena SIKIB EXPO ini akan segera di tutup oleh ibu Herawati Budiono isteri Wakil Presiden RI. Susan

Informasi lebih lanjut :
Asdep Komunikasi Lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup.
Jl. D.I. Panjaitan kav. 24, Kebon Nanas, Gedung B, Lt. VI, Jakarta Timur.
Tlp/Fax: 021-8517184