Perempuan dan Pola Hidup “Hijau”

Jakarta, 28 April 2005. Dalam rangka memperingati ulang tahunnya yang pertama, Aliansi Perempuan untuk Pembangunan Berkelanjutan (APPB) menyelenggarakan Talk show mengenai Perempuan dan Pola Hidup “Hijau”. Dr. Sunitri Widodo, Ketua Umum APPB menjelaskan bahwa tujuan pertemuan ini adalah memperkenalkan Pola Hidup “Hijau” atau pola hidup berwawasan lingkungan, sehubungan dengan perlunya perubahan Pola Produksi dan Konsumsi [...]

9 May 2005 14:42 WIB

Jakarta, 28 April 2005. Dalam rangka memperingati ulang tahunnya yang pertama, Aliansi Perempuan untuk Pembangunan Berkelanjutan (APPB) menyelenggarakan Talk show mengenai Perempuan dan Pola Hidup “Hijau”. Dr. Sunitri Widodo, Ketua Umum APPB menjelaskan bahwa tujuan pertemuan ini adalah memperkenalkan Pola Hidup “Hijau” atau pola hidup berwawasan lingkungan, sehubungan dengan perlunya perubahan Pola Produksi dan Konsumsi yang Berkelanjutan seperti yang telah disepakati dalam KTT Pembangunan Berkelanjutan di Johannesburg tahun 2002.

Menteri Negara Lingkungan Hidup, Ir. Rachmat Witoelar, dalam sambutannya menyatakan bahwa APPB merupakan wadah kelompok perempuan yang sangat berpotensi dalam membentuk pola berproduksi dan berkonsumsi yang berkelanjutan di masyarakat. Kelompok perempuan dapat menularkan perubahan pola konsumsi melalui tiga level: secara individu, perempuan sebagai Ibu mempunyai pengaruh dominan dalam keluarga. Misalnya, keterlibatan perempuan dalam pemilihan produk rumah tangga berwawasan lingkungan, pemilahan sampah organik dan non-organik, pengurangan sampah dan pemanfaatannya menjadi kompos; secara kelompok, perempuan mempunyai kapasitas yang sangat besar untuk menularkan pola konsumsi “hijau” melalui paguyuban-paguyuban kelompok perempuan. Contohnya di bidang energi dan pemanfaatan SDA, antara lain: penggunaan listrik, gas, minyak tanah dan air bersih dengan seefisien mungkin untuk memberi kesempatan kepada generasi berikutnya menikmati SDA Indonesia yang semakin menipis; dan secara sosial, tuntutan terhadap konsumsi hijau akan dapat menjadi dorongan bagi para produsen menghasilkan barang ramah lingkungan. Sebagai orang tua yang bertanggung jawab atas pendidikan anaknya, seorang ibu sangat berpotensi menanamkan kesadaran akan pola konsumsi dan produksi yang berkelanjutan.

Dalam menjelaskan materinya, Dr. Henri Bastaman, Staf Ahli MENLH bidang Sosial Budaya menyampaikan latar belakang komitmen dunia terhadap Pembangunan Berkelanjutan sehingga diperlukannya perubahan Pola Konsumsi dan Produksi yang Berkelanjutan. Pembicara ke dua, Chandra Kirana, Direktur Komunikasi WWF, dengan lugas membeberkan data dampak buruk pencemaran lingkungan terhadap kesehatan manusia sehingga penerapan Pola Hidup “Hijau” menjadi sangat penting dan tidak dapat ditunda lagi. Terakhir, sebagai penyanyi jazz yang peduli lingkungan, Iga Mawarni berbagi informasi tentang potensi perempuan dalam membentuk perilaku “hijau”. Diskusi yang dipandu oleh Dr. Dewi Motik Pramono, Msi, Ketua APPB bidang LH, tidak kalah menarik dengan banyaknya pertanyaan dan sumbang saran dari para peserta yang merupakan pengurus-pengurus organisasi perempuan di Jakarta.

Dalam penutupnya, Dr. dr. Nila F. Moeloek, Ketua APPB bidang Sosial, mengajak peserta seminar untuk peduli lingkungan dengan menerapkan perilaku “hijau” mulai dari diri sendiri – mulai sekarang juga. Ada lebih dari 150 organisasi perempuan yang hadir dalam pertemuan ini, jika pengetahuan tentang Pola Hidup “Hijau” ini dapat disebarkan lagi kepada para anggota organisasi perempuan tersebut, maka langit biru, udara segar dan hidup sehat yang kita idam-idamkan akan segera terwujud. Selain berbagai leaflet mengenai Pola Hidup “Hijau”, para peserta yang berjumlah sekitar 320 orang membawa pulang souvenir “hijau” berupa bibit buah-buahan unggulan bantuan Dinas Kehutanan dan Pertanian Prov. DKI (sss).

Informasi lebih lanjut:
Asdep urusan Masyarakat Perkotaan
Kementerian Lingkungan Hidup
Ph/fax.: 021-85911211
Email: sinta@menlh.go.id

Kerjasama

  • Luar Negeri
  • Dalam Negeri
    • sponsor
    • sponsor
    • sponsor
    • sponsor
    • sponsor
Sex izle Film izle Hd Film izle Seo Danışmanı