KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Asdep Urusan Perencanaan Lingkungan mengadakan “Pemaparan Proposal (Rencana Kerja) Kegiatan Perencanaan Lingkungan Secara Partisipatif Pada Kawasan Rentan Pembangunan”, pada Tanggal 21 September 2005 bertempat di Grand Kemang Hotel. Paparan tersebut berfokus pada studi kasus: Kawasan Karst Kabupaten Kebumen (Gombong Selatan) oleh Tim Universitas Soedirman – Purwokerto.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan efektifitas perencanaan tata ruang dengan memasukkan pertimbangan lingkungan untuk menurunkan laju perusakan dan pencemaran lingkungan hidup dalam rangka memperbaiki kualitas lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Sasaran kegiatan ini adalah terbentuknya forum masyarakat yang peduli terhadap kelestarian lingkungan hidup, serta teridentifikasi dan tersusunnya rencana kegiatan pengelolaan lingkungan dan pemanfaatan sumber daya alam dalam kawasan karst yang disepakati masyarakat setempat dan para pihak terkait.

Kegiatan diawali dengan pengarahan dari Ir . Arie. D.D. Djoekardi, MA (Deputi I Bidang Tata Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup). Dilanjutkan dengan pemaparan oleh tim Universitas Soedirman, diikuti dengan diskusi.

Acara ini melibatkan lembaga terkait, seperti: Bapedalda Propinsi Jawa Tengah, Dinas kehutanan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kebumen, Bapeda Kabupaten Kebumen, DPRD Kabupaten Kebumen, Dinas Pariwisata Kabupaten Kebumen, LSM, Asdep/Wakil dari Asisten Deputi di lingkungan KLH serta Staf Asisten Deputi Urusan Perencanaan Lingkungan.

Hasil kegiatan ini diharapkan dapat menjadi masukan dalam penyusunan RTR Kawasan Karst dan penyusunan rencana kerja kegiatan dinas-dinas terkait di Propinsi Jawa Tengah maupun Kabupaten Kebumen.

Salah satu kesimpulan diskusi, menekankan perlunya dimasukkan dasar hukum pengelolaan kawasan lindung (baik itu berupa UU s/d Perda), Sasaran rencana kerja agar disikronkan/disesuaikan dengan langkah-langkah yang akan dilakukan, dan Diuraikan/dijelaskan kondisi kawasan karst pada saat sekarang, sehingga bisa dilakukan langkah dan program dengan baik.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

Asdep Perencanaan Lingkungan
Deputi I Bidang Tata Lingkungan
Gedung A Lantai 4
Jl. D.I. Panjaitan Kav.24
Kebon Nanas – Jakarta Timur
Telp/Fax : 021-85906676