KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Pembuatan Sarana Pengolahan Limbah tahu yang telah dirintis sejak bulan Mei 2002 atas kerjasama Kementerian Lingkungan Hidup dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang telah selesai dilaksanakan pada bulan Oktober 2003.

Pembuatan Sarana Pengolahan Limbah Tahu tersebut dilaksanakan oleh Pusat Pengkajian dan Penerapan Teknologi Lingkungan, BPPT dengan menerapkan teknologi biofilter yang memanfaatkan aktivitas mikroba anaerobic dan aerobic untuk mendegradasi kandungan polutan didalam limbah.

Sarana Pengolahan Limbah Tahu tersebut diresmikan pada tanggal 17 Nopember 2003 bertempat di PT. Sari Bumi Desa Rancamulya – Kabupaten Sumedang, dengan dihadiri oleh Bupati Sumedang beserta jajarannya, Ketua DPRD Sumedang, Wakil BPLHD Prop. Jawa Barat, Direktur P3TL BPPT, DPLH Kabupaten Sumedang, Direktur PT. Sari Bumi dan para pengusaha industri tahu Kabupaten Sumedang.

Peresmian dilakukan oleh Deputi Bidang Pengendalian Dampak Lingkungan Sumber Non Institusi yang dilanjutkan dengan serah terima IPAL serta penandatanganan prasasti oleh Deputi Bidang Pengendalian Dampak Lingkungan Sumber Non Institusi KLH dan Bupati Sumedang.

Informasi lebih lanjut hubungi:

Asdep Urusan Limbah Usaha Kecil
Telp/Fax: 021-85911208