KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

pedesaan.jpgBertepatan dengan Hari Bumi Tanggal 22  April 2009 Deputi Menteri Negara LH Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat menghadiri acara Sarasehan Lingkungan Hidup melalui “Peningkatan Kapasitas Kader LH  Masyarakat Tradisional dan Adat hulu DAS Bengawan Solo, Lereng Gunung Lawu Barat, diawali dengan penanaman pohon secara simbolis di  kantor Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah.

Pada kesempatan ini Deputi Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat mengukuhkan 100 orang kader LH, dihadapan Wakil Bupati Karanganyar, Badan Lingkungan Hidup Propinsi Jawa Tengah, Dinas LH Karanganyar, para Camat dan Muspika Kabupaten Karanganyar. Kader-kader ini  merupakan perwakilan dari 8  kecamatan yaitu Margoyoso, Karangpandan, Njaten, Nggondang, Rejo, Kebakramat, Tawangmangu, Metesih, dan dilanjutkan dengan menyerahkan alat Biopori kepada Wakil Bupati Karanganyar (Bapak Paryono SH, MM) yang kemudian diserahkan kepada  kader LH, bertempat di Pendopo Kabupaten Karanganyar. Dengan demikian jumlah kader LH hulu DAS Solo/lereng Gunung Lawu sampai saat ini berjumlah 200 orang.

Pada peringatan Hari Bumi Tahun 2009 ini Deputi Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat memberikan sambutan dan dilanjutkan dengan penyerahan bibit pohon secara simbolis kepada masyarakat yang akan ditanam di lahan kritis masyarakat sebanyak 2000 pohon. Dan dalam rangka  meningkatkan pengetahuan dan kapasitas kader LH dibidang lingkungan hidup,  disampaikan beberapa sosialisasi antara lain: tentang Program Insentif dan Pendanaan Lingkungan; Sosialisasi Kampung Iklim dan Biogas; Upaya pencegahan banjir dan konservasi air tanah melalui teknologi Sumur Resapan dan lubang Resapan Biopori.

Kegiatan ini  merupakan bagian dari Program Warga Madani yang selama ini dikembangkan oleh Kementrian Negara LH dan terlaksana berkat kerjasama antara KNLH dengan LSM Solidaritas masyarakat untuk penyelamatan  hutan dan   lingkungan (Suphel), Bapedalda Popinsi dan Dinas LH Kabupaten Karanganyar.

Sumber:
Asisten Deputi Permberdayaan Masyarakat Pedesaan
Jl. D.I. Panjaitan Kav. 24, Kebon Nanas
JAKARTA TIMUR
Telp/fax : (021) 8580087