KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

HLHSumbar.JPGHari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia tahun 2008 juga diperingati di Provinsi Sumatera Barat, yang dilaksanakan di Kelurahan Ganting, Kota Padangpanjang pada tanggal 16 Juni 2008. Kegiatan ini dihadiri oleh Menteri Negara Lingkungan Hidup (MENEG LH) Rachmat Witoelar, Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan (MENEG PP) Mutia Hatta, Sekretaris Kantor Negara Lingkungan Hidup (KLH) Arief Yuwono, Deputi Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat KLH Sudariyono, Sekretaris Daerah (Sekda) Sumatera Barat (Sumbar), Walikota Padangpanjang, Jajaran Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan, serta jajaran Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Barat dan masyarakat.

Pelaksanaan peringatan HLH ini merupakan sebagai salah satu moment untuk membangun dan membangkitkan kembali pemahaman dan perilaku berbagai unsur masyarakat terhadap pentingnya aspek pengelolaan lingkungan hidup di tengah-tengah upaya mengiatkan pembangunan. Peringatan HLH juga merupakan puncak dari rangkaian kegiatan perlombaan, sosialisasi dan pelatihan LH, serta kegiatan penghijauan yang telah dilakukan di Kota Padangpanjang sejak tanggal 27 Mei 2008.

Pada peringatan HLH ini juga diserahkan piagam dan tropy Proper kepada 7 perusahaan, piala Adiwiyata kepada SMPN 24 Padang, dan sertifikat Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD)  kepada 4 kabupaten dan kota se Provinsi Sumbar yang memenangkan perlombaan tersebut di tingkat Nasional. Kegiatan HLH ini juga dilakukan temu wicara dengan masyarakat Provinsi Sumatera Barat yang datang, serta dimeriahkan pameran foto lingkungan oleh pemenang Kalpataru tahun 2004 dan perpustakaan keliling dari Kantor LH Regional Sumatera. Pada kesempatan ini Menteri Negara Lingkungan Hidup mencanangkan “Gerakan Penanaman dua juta pohon