KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto bersama Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo membuka peringatan Hari Tata Ruang 2010 di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Minggu (1/8/2010).

Peringatan Hari Tata Ruang, yang diadopsi dari peringatan internasional World Town Planning Day, bertujuan meningkatkan kesadaran dan apresiasi publik serta para pemangku kepentingan terhadap penataan ruangan.

“Launching peringatan ini langkah awal sosiasliasai dan institusionalisasi perencanaan tata ruang. Dengan tersosialisasinya Hari Tata Ruang, diharap dapat menggugah kepedulian masyarakat tentang pentingnya tata ruang yang aman, nyaman,” ujar Djoko Kirmanto, Minggu.

Peringatan Hari Tata Ruang  kali ini bertema “Smart Green City Planning” atau “Perencanaan Cerdas Mewujudkan Kota Hijau”. Sesuai dengan tema tersebut, peringatan Hari Tata Ruang mengedepankan kepentingan perencanaan kota hijau secara cerdas melalui pertimbangan ekonomi, lingkungan, sosial budaya, dan tata kelola secara berkelanjutan.

Puncak peringatan Hari Tata Ruang akan berlansung 6-8 November di Bali. Pembukaan peringatan tersebut dimulai dengan bersepeda bersama antara pihak Kementrian Pekerjaan Umum, Pemrov DKI, direksi Taman Impian Jaya Ancol, dan pihak Kementerian Lingkungan Hidup. Kemudian semua pihak menanam pohon secara simbolis di taman hayati Ancol, Ecopark dilanjutkan dengan penyerahan satwa langka, seekor rusa tutul yang kemudian akan menghuni Ecopark.

Sumber:
Kompas.com
Minggu, 1 Agustus 2010 | 10:23 WIB
http://sains.kompas.com/read/2010/08/01/10233186/Peringatan.Hari.Tata.Ruang.Dimulai.Hari.ini.-14