KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

JAKARTA – Green Building Council of Indonesia (GBCI) membuat peringkat green ship atau sejenis panduan kadar penerapan konsep ramah lingkungan pada suatu proyek bangunan. langkah itu dianggap menjadi sebuah terobosan yang bersejarah untuk memberikan perubahan pemahaman dan persepsi pasar terhadap sektor konstruksi bangunan dan gedung di Indonesia.

“Greenship rating bisa dipakai untuk menguji tingkat pemahaman tentang konsep bangunan hijau dan akses untuk mengevaluasi bangunan hijau di indonesia sehingga membantu meningkatkan kualitas sektor konstruksi yang menjadi perhatian kami,” kata Chairperson GBCI Naning Adiwoso dalam siaram persnya, Jum’at (9/7).

Naning mengatakan sasaran pengembangan greenship rating adalah mempercepat perbaikan kinerja dan standar bangunan di Indonesia untuk menuju budaya konstruksi berkelanjutan sehingga mengikis dampak lingkungan dari ke giatan yang terkait dengan penurunan kualitas lingkungan dan pemanasan global.

Salah satu bentuk budaya berkelanjutan itu, lanjutnya, adalah penerapan potensi teknologi dan konstruksi untuk mengurangi konsumsi energi, yang dampaknya bisa menekan biaya operasi bangunan. Di sisi lain, tambahannya, disediakan penghargaan yang bertujuan untuk menyemangati pasar supaya lebih banyak dikembangkan konsep konservasi dan berkelanjutan.

GBCI merupakan lembaga mandiri non pemerintah yang bersifat nirlaba yang dikelola untuk mengembangkan konsep sipil yang ramah lingkungan dan berkelanjutan dalam tataran konsep, pelaksanaan, dan operasional suatu proyek konstruksi.

Sumber:
Koran Jakarta
Senin, 12 Juli 2010
Hal. 16
Ant, E-5