KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Dalam rangka mengisi kegiatan Ramadhan bagi mahasiswa dan siswa siswi SMP dan SMU berupa pesan-pesan lingkungan berbasis agama, pada hari Selasa, tanggal 25 Oktober 2005, bertempat di Mesjid Yayasan Umar Syarifuddin yang berlokasi di daerah wisata Sidomba Kuningan, telah dilaksanakan Acara Forum Silaturahim, berupa Perkemahan PELIPUR LARA (Pesan Lingkungan Purna Lebaran Ramadhan) atas kerjasama Asdep Urusan Masyarakat Perkotaan Deputi VI- KLH, STAIN Cirebon, Pemkot Cirebon dan Yayasan Umar Syarifuddin Kuningan.

Kegiatan PELIPUR LARA tersebut diikuti sebanyak 350 orang siswa SMP dan SMU ITUS Kuningan (SMP dan SMU Plus yang berbasis Agama Islam) yang bernaung di bawah Yayasan Umar Syarifuddin dan 40 orang mahasiswa LDK-STAIN (Lembaga Dakwah Kampus-STAIN) Cirebon.

Acara tersebut dimaksudkan memberi pemahaman tentang pentingnya pelestarian lingkungan hidup pada murid-murid SMP, SMU dan Mahasiswa dengan bahasa agama, karena bahasa agama dianggap sangat efektif untuk penyampaian pesan-pesan lingkungan. Bahasa agama dianggap sebagai pandangan hidup yang menyeluruh. Selain itu dirasakan pula bahwa antara Agama dan Ilmu Pengetahuan semakin menjauh. Karena itu diusahakan agar UGM misalnya sebagai gudang Ilmu Pengetahuan dapat menguasai agama dan STAIN sebagai pusat agama mengetahui ilmu pengetahuan sehingga juga merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Dengan demikian diharapkan para generasi muda yang mempunyai background pendidikan agama ini akan paham bahwa ilmu pengetahuan, agama dan lingkungan itu merupakan perspektif yang komplementer yaitu satu kesatuan yang tidak terpisahkan.

Acara PELIPUR LARA berlangsung satu hari satu malam dari pukul 09.00 pagi sampai sahur, dan diadakan pada Acara Itikaf SMP dan SMU Plus ITUS yang berlangsung selama 3 hari.

Acara PELIPUR LARA dibuka oleh Wakil Walikota Cirebon H. Agus Syaifuddin yang menyambut antusias acara tersebut. Tercatat 5 orang professor yang ikut memberikan pembekalan dalam acara tersebut, yaitu : (1) Prof. Dr. H. Imron Abdullah, M.Ag dengan Topik Memikat Umat tetap berkhidmat (2) Prof. Syaikh Karom Muhammad Abdul Hadi Ali Bayumi (Dosen Universitas Al-Azhar Mesir) dengan topik Lestari Imanku Lestari Alamku yang menggunakan penerjemah karena disampaikan dalam Bahasa Arab (3) Prof. Dr. Adang Djumhur S., M.Ag dengan Topik Patuh Syareat Sejahtera Umat (4) Prof. Dr. H. Maksum, MA dengan Topik Jelang Akhir Jaman Tetap Menanam (5) Prof. Dr. Wahidin, M.Ag dengan Topik Agama dan lingkungan (6) Dr. Dedi Djubaedi, M.Ag dengan Topik Mencintai Bumi Dicintai Penghuni Samawi dan (7) Wartim Sumana, S.Sos dan Morasakti Hutasuhut, S.Sos dengan Topik Mengolah Sampah Mendulang Berkah. Acara semacam ini akan terus dilaksanakan di daerah yang memiliki Pesanteren atau Sekolah yang berbasis Agama Islam.

Informasi Lebih lanjut :
Asdep Urusan Masyarakat
Perkotaan Deputi VI- KLH