KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

JAKARTA, SUAR- Untuk mempertahankan tradisi Adipura yang keenam kali, Pemkot Jakarta Selatan benar-benar serius mempersiapkan hal itu. Bahkan, selain membenahi lingkungan wilayah pemukiman, Pemkot Jakarta Selatan juga akan membenahi Kantor Walikota sehingga dapat meningkatkan kredit poin dalam upaya pencapaian Adipura tersebut.

Walikota Jakarta Selatan Syahrul Effendhy menegaskan, beberapa fokus yang diminta untuk segera dibenahi di Kantor Walikota yang dipimpinnya, adalah mengevaluasi penggunaan ruang dan sarana publik milik Pemkot Jakarta Selatan. Hal ini penting dilakukan untuk menilai efektifitas penggunaan ruangan, sehingga keberadaannya menjadi lebih tepat sasaran.

"Ini menjadi tugas khusus bagi Kabag Umum yang baru. Segera evaluasi efektifitas penggunaan ruangan di Kantor Walikota, mana yang dinilai efisien dan mana yang tidak. Jangan sampai sarana yang ada tidak termanfaatkan dengan baik, sehingga keberadaannya menjadi mubazir," katanya.

Syahrul menambahkan, efektifitas penggunaan sarana pemerintahan dan menjaga keberadaannya dengan baik, merupakan sate kredit poin dalam penilaian Adipura. Karena itu, dirinya meminta Kabag Umum dan Protokol Ahmad Solar Harahap untuk melakukan langlah-langkah strategis dalam rangka pencapaian tujuan tersebut.

Selain itu, dirinya juga meminta agar proses komposting sampah di Taman Kantor Walikota yang posisinya dekat makam putri Pahlawan Revolusi Ade Ina Suryani, dapat berjalan dengan baik. Bahkan, dirinya meminta agar proses komposting yang berada di bawah koordinasiAsisten Ekonomi dan Administresi Serta Kabag Umum dan Protokol nilainya di alas rata-rata daripada proses komposting milik Kecamatan Tebet.

"Komposting di Kecamatan Tebet nilainya bagus, dan kita minta pengelolaan komposting di tingkat Kotamadya lebih bagus daripada yang ada di kecamatan, khususnya Kecamatan Tebet," harapnya.

Karena itu, dirinya meminta pejabat terkait, dapat bekerjasama dengan instansi Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Jakarta Selatan,  yang memang memiliki keahlian dalam memanajerial lingkungan.

Menanggapi hal itu, Kabag Umum dan Protokol Jakarta Selatan Ahmad Solar Harahap mengatakan, dirinya siap melaksanakan tugas yang diberikan Walikota dengan baik. Tugas ini, katanya, adalah tantangan untuk mempertahankanAdipura yang keenam kali bagi Pemkot Jakarta Selatan.

"Meraih Adipura yang keenam kali adalah target yang tidak bias ditawar-tawar lagi. Karena itu, says akan mengawal tugas yang diberikan dengan optimis dan penuh tanggung jawab," katanya penuh semangat saat ditemui di ruang KerjaAsisten Perekonomian dan Administerasi.  Badar

Sumber:
Koran Akar Rumput
Hal. 8
28 januari-02 Februari 2009