KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Pertemuan Pleno-I Kelompok Kerja Nasional Standardisasi Kompetensi Bidang Lingkungan

Pertemuan Pleno I Kelompok Kerja Nasional Standardisasi Kompetensi Bidang Lingkungan ditujukan untuk menyamakan persepsi dan kesepakatan terhadap sistem standardisasi yang akan digunakan untuk mengakomodasi Standardisasi Kompetensi Personil dan Lembaga Jasa Lingkungan. Sistem yang akan digunakan terdiri dari 3 jalur sistem standarisasi, yaitu:
1. Jalur SNI (Standar Nasional Indonesia) yaitu standar kompetensi yang terkait dengan penerapan SNI serta mengacu pada sistem BSN/KAN
2. Jalur SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia) yaitu standar kompetensi yang terkait dengan lingkup pengembangan profesi serta mengacu pada sistem BNSP (Badan Nasioanal Sertifikasi Profesi)
3. Jalur Komplementer yaitu standar kompetensi yang dikembangkan setara dengan kedua sistem diatas yang terkait dengan pelaksanaan peraturan perundangan LH.

Pada prinsipnya para peserta rapat memberikan dukungan dan komitmen peran aktif wakil stakeholder terhadap jalur komplementer yang akan dilaksanakan oleh KLH, oleh karena jalur ini yang akan menampung kebutuhan standarisasi kompetensi bidang lingkungan khususnya yang terkait dengan pelaksanaan peraturan perundangan pengelolaan lingkungan hidup serta perjanjian internasional di bidang lingkungan hidup, seperti Kyoto Protocol, Montreal Protocol, Basel Convention, PoPs, dll.

Untuk penyempurnaan dan pengembangan lebih lanjut terhadap pelaksanaan Sistem Komplementer, maka pada pertemuan tersebut disepakati ruang lingkup dan daftar anggota pokjanas dengan ketuanya masing-masing serta mekanisme kerja pokjanas.

Anggota Pokjanas pada tahap I akan bekerja selama kurun waktu 2 (dua) bulan untuk merumuskan pokok-pokok kebijakan untuk lingkup substansi masing-masing Pokjanas beserta kerangka program nasional. Pertemuan setiap Pokjanas akan difasilitasi oleh KLH. Hasil kerja Pokjanas akan dibawa pada pertemuan pleno II yang direncanakan pada akhir April 2006 untuk kemudian dikonsultasikan kepada stakeholder dalam Workshop Nasional pada bulan Mei atau awal Juni 2006. Selanjutnya pada tahap II (Juni – Agustus) Pokjanas akan melakukan elaborasi program nasional.

Berikut disampaikan daftar anggota pokjanas sebagai berikut (terlampir).

Untuk informasi lebih lanjut:
Asisten Deputi Urusan Standarisasi, Teknologi dan Produksi Bersih
Kementerian Lingkungan Hidup
Telp./Fax : (021) 858 46 38 / 859 06 167
Email: kompetensi_lingkungan@yahoo.co.id
Contact Person: Amelia Agusni atau Budi Wirawan