KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Lomba menggambar & mewarnaiPusat Pengelolaan Ekoregion Bali dan Nusa Tenggara pada tanggal 30 Agustus 2014 melaksanakan kegiatan ”Lomba Mewarnai dan Menggambar Tingkat SD” yang tahun ini mengambil tema “Pesisir dan Lautku” Kegiatan yang dilaksanakan ruang pertemuan Pusat Pengelolaan Ekoregion Bali dan Nusra diikuti oleh 130 siswa dari 40 SD di Kota Denpasar. Lomba ini dibuka oleh Bapak Novrizal Tahar selaku Kepala Pusat Pengelolaan Ekoregion Bali dan Nusa Tenggara-Kementerian Lingkungan Hidup.

Kegiatan Lomba Mewarnai dan menggambar tingkat SD yang dilaksanakan oleh Pusat Pengelolaan Ekoregion Bali dan Nusra pada hari ini, disamping untuk memperingati hari lingkungan hidup sedunia yang diperingati setiap tanggal 5 Juni sekaligus juga memperingati hari anak nasional yang jatuh pada tanggal 23 Juli dan Hari Kemerdekaan RI yang ke-69.

Kegiatan lomba ini sesungguhnya merupakan salah satu kegiatan komunikasi dan publikasi lingkungan hidup melalui media edukasi yang dilaksanakan oleh Pusat Pengelolaan Ekoregion Bali dan Nusra (PPE Bali dan Nusra). Sebagai media edukasi/kampanye lingkungan hidup, maka mekanisme pelaksanaan lomba dibuat agak berbeda yaitu dengan menyelipkan sesi pemberian materi lingkungan hidup khususnya tentang pesisir dan laut dan perubahan iklim kepada anak-anak. Agar informasi dapat tersebar lebih luas, maka pada sesi ini para orang tua murid dan guru pendamping dari masing-masing sekolah juga diajak bersama-sama mengikuti sesi ini.

Tema yang diambil oleh PPE Bali dan Nusra pada tahun ini “Pesisir dan Lautku” sejalan dengan tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2014 yang ditetapkan oleh UNEP “Raise Your Voice, Not The Sea Level” dimana di Indonesia dimaknai dengan “Satukan Langkah, Lindungi Ekosistem Pesisir dari Dampak Perubahan Iklim”. Melalui lomba ini diharapkan anak-anak terpacu juga untuk menggali lebih dalam tentang lingkungan pesisir dan laut serta bagaimana melindungui dan menjaga pesisir dan laut agar tidak rusak atau terpulihkan menjadi lebih baik. Dengan demikian diharapkan anak-anak nantinya dapat lebih mengenal dan mencintai lingkungan pesisir dan lautnya.

Informasi Lebih Lanjut :
Novrizal Tahar
Kepala Pusat Pengelolaan Ekoregion Bali dan Nusa Tenggara
Kementerian Lingkungan Hidup
Telp/Fax : 0361 – 244172