KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Pada tanggal 4 Maret 2006 dilaksanakan Peresmian Kandang Terpadu Sistem Closed House? PT. Santika Duta Nusantara di Subang dan Pelepasan Ekspor Perdana Santika Feed dan Obat Hewan ke Brunei Darussalam. Peresmian tersebut dihadiri oleh Menteri Pertanian, Menteri Koperasi dan UKM, Direktur Komersial dan Syariah PT BNI (Persero) Tbk, Perwakilan dari Gubernur Jawa Barat dan Gubernur Gorontalo, Bupati Kabupaten Subang, Pemerintah Daerah setempat serta Peternak/Petani Mitra Santika. Menteri Negara LH dalam kesempatan tersebut diwakilkan oleh Deputi Bidang Pembinaan Sarana Teknis dan Peningkatan Kapasitas, Bapak Isa Karmisa Ardiputra.

PT. Santika Duta Nusantara adalah perusahaan dibidang peternakan broiler, pakan ayam dan obat hewan. Perusahaan tersebut merupakan salah satu dari 68 perusahaan yang menggunakan dana Pinjaman Lunak Lingkungan IEPC-KfW Tahap I. PT BNI (Persero) Tbk. sebagai bank pelaksana IEPC I memberikan dana pinjaman untuk membangun 10 unit kandang sistem closed house berkapasitas 600.000 ekor ayam. Kandang ayam sistem closed house adalah peternakan yang higienis, efisien dan sehat dimana suhu, kelembaban, debit air dan pemakaian pakan dikendalikan dengan komputer sehingga pemakaian obat-obatan untuk vaksinasi berkurang dan ayam terhindar dari penyakit dan kematian. Dengan sistem tersebut juga adanya penghematan pemakaian SDA seperti gas alam untuk pemanasan ruangan.

Pada sambutan Menteri yang dibacakan oleh Bapak Isa Karmisa Ardiputra menyatakan bahwa peternakan dengan Sistem Closed House merupakan suatu solusi cerdas dalam menangani permasalahan higienitas dan lingkungan yang dapat meningkatkan kinerja peternakan dan usaha produksi lain yang terkait. KLH senantiasa memberikan dukungan dan bantuannya melalui Program Pinjaman Lunak Lingkungan dalam pembiayaan investasi atau proyek yang berwawasan lingkungan menuju perwujudan pembangunan berkelanjutan.

Informasi lebih lanjut:
Asdep Urusan Insentif dan Pendanaan Lingkungan
Kementerian Lingkungan Hidup
Telp/fax. 021 8517161
http://www.menlh.go.id/pinjamanlunak