KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

JAKARTA – Mentahbiskan diri sebagai partai hijau atau green party sejak tiga tahun lalu, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sepertinya tak main-main dalam meperjuangkan isu lingkungan hidup. Menyusul gerakan tanamseribu pohon dalam rangkaian Harlah ke -12 di pekan lalu, kemarin, partai bintang sembilan ini meluncurkan akun website Green House dan Badan Pekerja Regulasi Hijau, sebagai kepanjangan tangan Fraksi PKB di tingkat kebijakan.

Green Building ini penerapannya sebenarnya sama seperti di Bali. Di sana mereka menamakan diri sebagai Green Province. Dukungan dari Fraksi PKB saya kira bagus sekali kalau bisa ditindaklanjuti di tingkat regulasi,” kata Menteri Negara Lingkungan Hidup Gusti Muhammad Hatta saat membuka secara simbolis akun website Green House di ruang Fraksi PKB, kemarin (27/7).

Dalam gerakan Green House kali ini, PKB memang secara khusus mencoba mengkampanyekan diterapkannya regulasi yang mengatur mengenai bangunan gedung-gedung tinggi yang tidak sekedar ramah tetapi juga pro lingkungan. Terkait hal ini, Ketua Fraksi PKB Marwan Ja’far mengatakan, disamping isu perubahan iklim, melalui kampanye green building, PKB juga ingin menyampaikan pesan akan pentingnya hemat energi.

“Secara operasional PKB akan mengusulkan sebuah pasal yang mewajibkan pemerintah daerah untuk membuat taman kota sebagai tempat paru-paru hijau. Kita juga akan mengawal kebijakan pembangunan yang berkelanjutan,” paparnya.

Senada dengan Marwan, anggota Badan Pekerja Regulasi Hijau yang juga Wasekjen DPP PKB Zaenul Munasichin mengatakan, peluncuran Green House ini dimaksudkan sebagai peneguhan dari langkah strategis yang sudah diambil PKB sejak 2007 lalu. Karena sejak tahun itulah PKB secara resmi memproklamirkan diri sebagai partai hijau.

“Langkah ini perlu dilakukan selain sebagai peneguhan PKB sebagai Green Party, juga sebagai upaya sistematis memperjuangkan regulasi di parlemen agar tetap peduli akan alam dan lingkungan hidup,” terangnya.

Selain Menteri Negara Lingkungan Hidup, turut menyaksikan launching Green House kemarin Ketua Komisi VII Tengku Rifky Pasha. (did)

Sumber:
Indo Pos
Rabu, 28 Juli 2010
Hal.2