KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Kamis, 28 Mei 2009
Pukul 13.00 – 14.30 wib
Jakarta Convention Center

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility adalah sebuah konsep yang menyebutkan bahwa organisasi, khususnya perusahaan memiliki tanggung jawab terhadap konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan. Tuntutan diterapkan prinsip-prinsip good corperate governance seperti fairnes, transparency, accountability, dan responsibilty telah mendorong perusahaan untuk secara sungguh memegang komitmen CSR.

Meskipun masih mengundang pro dan kontra, aktivis CSR semakin menemukan momentumn ya terutama setelah dinyatakan dengan tegas dalam UU PT. No. 40 Tahun 2007 bahwa CSR bersifat wajib. Disebutkan bahwa perusahaan yang menjalankan usaha di bidang dan/ atau bersangkutan dengan sumber daya alam wajib menjalankan tanggung jawab sosial dan lingkungan  (Pasal 74 ayat 1).

Dalam prakteknya, program CSR perusahaan banyak yang mengambil bentuk aktivitas seperti : pembangunan jalan lingkungan, perbaikan sekolah, program beasiswa, sarana ibadah dan sarana publik lainnya. Disini kita masih melihat bahwa aktifitas CSR tidak dapat dibedakan dari aksi-aksi kariatif atau derma.

Belakangan, praktek-praktek CSR mengikuti trend global, termasuk isu-isu lingkungan seperti pemanasan global, perusakan hutan, pencemaran lingkungan, dsb. Sejumlah perusahaan swasta maupun BUMN mulai mengarahkan perhatian mereka ke isu-isu lingkungan. Prakteknya pun bermacam-macam, mulai dari menanam pohon, mendanai proses daur ulang atau pemanfaatan sampah, hingga mengajak konsumen mereka untuk mengurangi sampah, hingga mengajak konsumen mereka untuk mengurangi penggunaan kertas, bahkan konversi habitat.

Tuntutan pelaksanaan CSR, seyogyanya dilandasi pandangan bahwa CSR bukan ajang menebus dosa atau sekedar memperbaiki citra perusahaan. Sebaliknya aktifitas ini harus menjadi bagian terintregrasi dari aktifitas perusahaan secara keseluruhan. Salah satu definisi CSR yang banyak diterima adalah,