KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

29 Mei 2009, Peningkatan taraf hidup masyarakat di perkotaan, memberikan aspek kepada peningkatan daya beli masyarakat terhadap kebutuhan-kebutuhan sekunder seperti kebutuhan akan alat transportasi. Hal ini berdampak terhadappeningkatan jumlah kendaraan bermotor di jalan raya. Secara langsung ini akan berpenaruh terhadap terjadinya peningkatan polusi udara dan suara yang terjadi peningkatan polusi udara dan suara yang terjadi. Berdasarkan hasil pengukuran Laboratorium Kebisingan dan getaran Pusarpedal KLH dari tahun 2006 sampai 2008, di beberapa kota besar di Indonesia 95% telah melewati nilai baku butu kebisingan lingkungan Kep.MenLH no 48 Thun 1996 khususnya untuk daerah pemukiman. Sumber kebisingan utama untuk daerah pemukiman tersebut adalah dari aktivitas lalu-lintas kendaraan di jalan raya. erdasarkan data tersebut maka dapat dikatakan telah terjadi ganguan kebisingan untuk daerah-daerah tertentu khususnya daerah pemukiman.

Salah satu upaya pengendalian kebisingan yang berasal dai aktivitas kendaraan di jalan raya adalah dengan mngatur tingkat kebisingan dari kendaraan yang ada. Pada saat ini Kementerian Negara Lingkungan Hidup telah menerbitkan Peraturan Menteri No. 09 tahun 2009 tentang Ambang Batas Kebisingan Kendaraan bermotor tipe baru yang bertujuan untuk:

1.     Mengurangi beban pencemaran udara akibat dari kebisingan kendaraan bermotor di kota-kota di Indonesia melalui peningkatan standard-standard Lingkungan hidup.

2.     Mendorong industri kendaraan bermotor untuk meningkatkan teknologi dalam memproduksi kendaraan.

3.     Menginformasikan dan mendorong masyarakat untuk memilih kendaraan yang ramah lingkungan.

Ruang lingkup yang diatur dalam Permen LH tersebut adalah:

1.     Ambang batas kebisingan kendaraa bermotor tipe aru

2.     Metode uji kebisingan kendaraan bermotor tipe baru

3.     Tata cara pelaporan uji kebisinga kendaraan bermotor tipe baru

·         Uji Kebisingan dilakukan oleh laboratorium yang terakreditasi di dalam negeri.

·         Laboratorium terakreditasi adalah laboratorium yang terakreditasi oleh lembaga akreditasi nasional dan atau badan yang diakui secara internasional

·         Uji kebisingan kendaraan bermotor tipe baru merupakan bagian dari persyaratan teknis dan laik jalan kendaraan bermotor.

Masalah kebisingan perlu diatur karena kebisinan mempunyai dmpak terhadap kesehtan manusia. Kebisingan dapat merusak fungsi pendengaran mulai dari tuli sementara hingga tuli yang bersifat mnentap. Ganguan fiiologis lainnya yang diakibatkan oleh kebisingan diantaranya adalah peningkatan tekanan darah, denyut nadi, metabolismebasal, ketegangan otot dan vasokonstriksi pembuluh darah. Selain itu kebisingan juga dapat mengakibatkan ganggun
an psikologis seperti stress, lelah, emosional, angguan komunikasi dan konsentrasi.

 

Sumber Informasi:
Pusat Sarana Pengendalian Dampak Lingkungan (Pusarpedal), DSeputi VII KLH