KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Jakarta, 28 Mei 2009

Assalamualaikum wr. wb.,

Salam sejahtera bagi kita semua,
Saudara-saudara yang kami hormati,

Atas berkat rahmat Tuhan Yang Maha Esa, puji syukur disampaikan kehadiratNya bahwa kita dapat berkumpul bersama dalam acara Pembukaan Pekan Lingkungan Indonesia 2009. Acara ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2009 yang telah ditetapkan temanya oleh lembaga lingkungan hidup internasional, United Nations Environment Programme (UNEP): "Your Planet Needs You — UNite to Combat Climate Change" yang di Indonesia bertema "Bersama Selamatkan Bumi dari Perubahan Iklim".

Tema ini perlu disampaikan terus menerus untuk mengingatkan kita semua akan pentingnya antisipasi dampak perubahan iklim yang telah terbukti disebabkan oleh berbagai perilaku manusia yang tidak berwawasan lingkungan sehingga dapat mengancam kelangsungan hidup manusia di bumi kita tercinta. Krisis ekonomi global yang terjadi di dunia merupakan tantangan terberat semua negara dalam mengatasi pemenuhan kebutuhan akan pangan dan energi bagi warganya. Ledakan jumlah penduduk yang besar dan terbatasnya ketersediaan sumberdaya alam kerapkali menyebabkan para pengambil keputusan merupakan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan dengan menetapkan eksploitasi sumberdaya alam yang tidak berwawasan lingkungan serta penggunaan energi tidak terbarukan secara berlebihan. Pelepasan emisi gas karbon dioksida (CO2) yang terakumulasi dan meningkat dalam jumlah besar setiap tahunnya telah menyebabkan perubahan iklim global secara nyata.

Saudara-saudara yang berbahagia,

Pemerintah Indonesia kembali berperan dalam dunia internasional dengan menjadi tuan rumah dari World Ocean Conference atau Konperensi Kelautan Dunia yang menghasilkan Manado Declaration atau Deklarasi Manado. Hasil kesepakatan berbagai negara dunia ini akan menjadi salah satu agenda pembahasan pada Sidang COP 15 UNFCCC atau Konferensi PBB untuk Perubahan Iklim ke 15 di Copenhagen, Denmark tahun ini. Hal ini penting, mengingat Indonesia sebagai salah satu negara kepulauan sangat dirugikan dengan dampak akibat perubahan iklim global ini.

Dalam tatanan nasional, Kementerian Negara Lingkungan Hidup tidak hentihentinya mengajak semua pihak secara bersama-sama untuk membuat perubahan besar dengan mengarusutamakan lingkungan dalam semua pola pikirnya. Pola Konsumsi dan Produksi Berkelanjutan merupakan tatanan berpikir yang perlu diwujudkan terus menerus dalam rangka pemenuhan kebutuhan hidup antar generasi. Dengan demikian kebutuhan akan pangan dan energi diharapkan dapat terpenuhi tidak saja untuk masa sekarang, namun juga untuk masa yang akan datang.

Saudara-saudara yang kami hormati,

Pekan Lingkungan Indonesia 2009 merupakan sarana bagi semua pihak dalam menyampaikan dan mendapatkan berbagai informasi terkait dengan isu lingkungan hidup. Kegiatan ini diharapkan dapat menjalin komunikasi bidang lingkungan yang lebih erat lagi antara berbagai pemangku kepentingan seperti pemerintah pusat dan daerah, dunia usaha serta masyarakat umum. Silaturrahmi seperti ini perlu dilakukan secara rutin dalam upaya menggalang rasa tanggung jawab dan perlu dipeliharanya kebersamaan semua pihak sehingga kita semua dapat menyatukan persepsi bagi kepentingan lingkungan hidup di Indonesia secara bersama.

Dengan kondisi iklim demokrasi yang semakin hangat di berbagai lapisan masyarakat, marl kita pupuk semangat kebersamaan agar semua pihak dapat berkontribusi nyata dalam mengatasi dampak perubahan iklim. Pemerintah pusat dan daerah diharapkan dapat mengarusutamaan lingkungan hidup dalam kebijakannya. Dunia usaha dapat melaksanakan mekanisme produksi bersih. Masyarakat dapat terus berperan aktif dalam pelaksanaan gerakan lingkungan seperti aksi kebersihan dengan penerapan 3R (Reuse, Reduce, Recycle), aksi penanaman dan pemeliharaan pohon sebagai upaya konservasi serta penggunaan energi listrik dan bahan bakar secara arif, efisien dan efektif.

Hadirin yang berbahagia,

Pekan Lingkungan Indonesia 2009 akan diselenggarakan mulai pagi ini hari Kamis tanggal 28 Mei 2009 dan akan berakhir pada 31 Mei 2009. Berbagai aktivitas seperti seminar, lokakarya, talkshow, pemutaran film, drama dan tari serta pameran lingkungan hidup. Pameran Lingkungan tahun ini diikuti oleh sekitar 251 lembaga dari berbagai kalangan seperti organisasi masyarakat, dunia usaha, instansi pemerintah pusat maupun perwakilan dari beberapa pemerintah daerah.

Khusus dalam penyelenggaraan tahun ini mulai dilengkapi dengan program "Zero Waste" dengan tujuan meminimasi sampah dan meningkatkan kebiasaaan pengunjung pameran untuk lebih tepat memilah sampah. Di samping itu dalam rangka mengurangi pencemaran udara yang semakin meningkat di ibu kota ini bagi pengunjung yang menggunakan sepeda kami siapkan TEMPAT PARKIR SEPEDA. Sebagai bagian dari pusat informasi dan komunikasi, Pekan Lingkungan Indonesia tahun ini menyediakan media center yang dilengkapi dengan sebuah studio mini.

Akhir kata, kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi semua pihak, balk penyelenggara, peserta kegiatan, peserta pameran maupun pengunjung dari berbagai daerah di seluruh Indonesia pada Pekan Lingkungan Indonesia 2009 ini. Semoga kebersamaan yang telah terjalin, dapat terus berlangsung di masa-masa yang akan datang.

Wassalammualaikum wr. wb,

Jakarta, 28 Mei 2009
Menteri Negara Lingkungan Hidup,
Ir. Rachmat Witoelar