KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

SIKIB (Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu), pada hari ini Senin tanggal 17 Januari 2011, mengadakan pembukaan pelatihan Mobil Hijau. Pembukaan dihadiri oleh wakil tiga ketua SIKIB dan Menteri Negara Lingkungan Hidup Prof. Gusti Muhammad Hatta di Ruang Kalpataru Kantor Kementerian Lingkungan Hidup.

Pada peluncuran yang pertama tahun 2010, telah didistribusikan 10 (sepuluh) unit Mobil Hijau di beberapa wilayah, yaitu JABODETABEK, Prov. Jawa Barat, Kab. Kulon Progo, Kab. Pacitan, Prov. Jawa Timur, Prov. Nusa Tengara Timur dan Prov. Sulawesi Selatan. Selanjutnya pada tahun 2011 ini, telah direncanakan peluncuran 4 (empat) unit Mobil Hijau  – SIKIB yang akan beroperasi di wilayah Prov. Riau, Prov. Jambi dan Kab. Ogan Konering Ilir (Prov. Sumatera Selatan). Oleh sebab itu untuk memfasilitasi operasional Mobil Hijau – SIKIB, agar bermanfaaat dan merata kepada masyarakat, maka perlu dilatih sumber daya manusia yang kopenten, sehingga dapat menyampaikan program-program Mobil Hijau -SIKIB dengan baik dan benar.

Waktu pelaksanaan Pelatihan akan diadakan di Pusdiklat Kantor PUSARPEDAL (Pusat Sarana Pengendalian Dampak Lingkungan) gedung EMC Komp, Puspitek Serpong Tangerang. Sedangkan waktu pelatihan akan dilaksanakan sejak tanggal 17 sampai dengan 20 Januari 2011 meliputi kegiatan house training, dan dilanjutkan pada tanggal 21 sampai dengan 23 Januari 2011 Fieldtrip dan praktek lapangan.

Materi Pelatihan sendiri diberikan sesuai dengan substansi Mobil Hijau dan dilatih oleh pakar di bidangnya, (dari Instansi Pemerintah, Perguran Tinggi, LSM dan lain-lain). Sedangkan hasil dari pelatihan dilanjutkan dengan praktek lapangan di wilayah operasional JABODETABEK dan lokasinya akan ditentukan kemudian. Sedangkan substansi Mobil Hijau dapat disesuaikan pada lokasi daerah masing-masing yang dapat dipertanggung jawabkan.

Informasi lebih lanjut:
Yenni Rasio Ridho (0811888915)
Ajeng (087888711547)
Randy (085691855847)
Foto: Barhan/KLH