KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Jakarta, 18 Januari 2013. Kementerian Lingkungan Hidup (KLH), tanggal 17 Januari 2013,  membuka Posko Banjir Kementerian Lingkungan Hidup di Poliklinik Kantor KLH, Jl. DI Panjaitan kav. 24, Jakarta Timur sehubungan dengan terjadinya musibah banjir yang melanda Provinsi DKI Jakarta.  Posko KLH ini bertujuan untuk dapat membantu masyarakat yang terkena musibah banjir terutama masyarakat yang berada di Kampung Pulo (Kampung Melayu) dan daerah sekeliling Kantor KLH sekitar Kali Cipinang – Kebon Nanas Jakarta Timur. Bantuan yang disediakan terdiri dari 3 aspek :

  1. pemberian informasi terkait banjir dan kerusakan lingkungan (Contact Person: Ir. Hermono Sigit, Asdep Pengendalian Kerusakan Ekosistem Perairan Darat KLH)
  2. bantuan kemanusiaan seperti peralatan emergency /genset, kasur lipat, obat-obatan, makanan, pakaian layak pakai hingga pengobatan oleh Tim Dokter KLH (Contact Person: Wartim Sumana,S.Sos,Karo Umum KLH)
  3. kelembagaan yang menyangkut kemitraan dengan berbagai pihak seperti Posko sekitar, BNPB Provinsi DKI Jakarta maupun LSM (Contact Person: Ir. Widodo Sambodo, Msi, Asdep Peningkatan Peran Organisasi Kemasyarakatan KLH).

Menteri Lingkungan Hidup, Prof. Dr. Balthasar Kambuaya, MBA, dalam pengarahannya di Posko Banjir KLH mengatakan bahwa “Bantuan-bantuan yang diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup harus jelas fokus dan lokusnya serta tepat pemberian bantuan sesuai prioritas penanganannya.” Untuk itu, Tim Posko KLH menyerahkan berbagai bantuan langsung kepada masyarakat Kampung Melayu Besar di Jl. Mesjid I Rt 08 Rw 01, Kebon Baru, Jakarta Selatan.

Adapun bantuan sumbangan yang sudah disalurkan oleh Posko Banjir KLH :

  • Pada Kamis sore, 17 Januari 2013 telah menyalurkan bantuan berupa makanan, mie instant, air mineral, obat-obatan kepada sekitar 200 masyarakat yang terkena banjir di daerah Kampung Pulo (Kampung Melayu) Jakarta Timur.
  • Jumat pagi, 18 Januari 2013 Posko Banjir KLH kembali menyalurkan bantuan berupa makanan dan obat-obatan kepada sekitar 100 masyarakat yang terkena banjir di daerah Kampung Pulo Jakarta Timur.

Posko Banjir KLH juga menerima bantuan untuk disalurkan kepada masyarakat yang terkena banjir yang berupa makanan, mie instant, air mineral, selimut, baju bekas layak pakai, pamper untuk bayi dan anak-anak, pembalut wanita, pakaian dalam baru untuk wanita, serta obat-obatan. Bagi masyarakat sekitar yang membutuhkan bantuan dan siapa saja yang berminat memberikan sumbangan dapat menghubungi Posko Banjir KLH pada nomor telepon 021-85907613.

Untuk Informasi Lebih Lanjut:
Wartim Sumana,

Kepala Biro Umum Kementerian Lingkungan Hidup,
Telp/Fax. 021 – 8580105,
email: humas@menlh.go.id