KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA


Ket. Foto: Penyerahan Sertifikat ISO 14001:2004 kepada PPLH Regional Sumapapua

Terapkan Manajemen Lingkungan Standar Internasional PPLH Regional Sumapapua Raih ISO 14001:2004
Pusat  Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH) Regional Sulawesi, Maluku dan Papua (Sumapapua) mendapat  sertifikat ISO 14001:2004 atas keberhasilannya menerapkan sistem manajemen kantor berbudaya lingkungan atau eco office. Penyerahan secara resmi Sertifikat ISO 14001:2004  yang menjadi kado istimewa bagi Kementerian Lingkungan Hidup, khususnya PPLH  Regional Sumapapua telah dilaksanakan, Jumat 3 September di ruang Kalpataru gedung Kementerian Lingkungan Hidup (KLH), Jakarta. Sertifikat ISO 1400:12004 diserahkan langsung oleh Direktur PT SUV Internasional Indonesia kepada Kepala PPLH Regional Sumapapua, Ridwan Tamim, dengan disaksikan oleh Menteri Lingkungan Hidup, Prof. Dr. Ir. Gusti M Hatta dan para pejabat Kementerian Lingkungan Hidup serta PPLH Reg. Sumapapua.

Dengan penyerahan sertifikat tersebut, Kantor PPLH dinilai telah memenuhi segala ketentuan yang dipersyaratkan oleh ISO 14001: 2004  yang diadopsi ke dalam Standar Nasional Indonesia (SNI) 19-14001-2005. Artinya, dalam pengelolaan manajemen kantor berwawasan lingkungan, PPLH Regional Sumapapua telah memenuhi standar internasional.

Menurut Menteri Lingkungan Hidup, Prof. Dr. Ir. Gusti Muhammad Hatta, penyerahan Sertifikat ISO 14001: 2004 untuk kantor PPLH Regional Sumapapua, diharapkan bisa mendorong jajaran KLH untuk lebih serius berusaha menerapkan manajemen kantor berwawasan lingkungan hidup. “Disadari atau tidak, aktivitas perkantoran telah  memberikan kontribusi signifikan terhadap penurunan kualitas lingkungan.  Kantor sering disebut sebagai the greedy giant atau raksasa yang rakus.  Setiap harinya menghabiskan banyak kertas, air dan listrik sehingga menimbulkan limbah domestik yang  mencemari lingkungan,