KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

asia_eropa.jpgPemerintah RI (Kementerian Negara Lingkungan Hidup dan Departemen Luar Negeri) akan menjadi tuan rumah Preparatory Meeting for 3rd ASEM Environment Ministers’ Meeting yang akan diadakan di ruang Nusantara, Departemen Luar Negeri pada tanggal 6-7 Maret 2007. Pertemuan tersebut rencananya akan dihadiri oleh para pejabat tinggi dari 45 Mitra Asia Europe Meeting (ASEM) dari Asia dan Eropa. Pertemuan Menteri-Menteri Lingkungan Hidup ASEM sendiri rencananya akan dilaksanakan di Denmark, tanggal 24-26 April 2007.

Pertemuan direncanakan akan dibuka oleh Menteri Lingkungan Hidup Indonesia, Ir. Rachmat Witoelar. Sedangkan Eddi S. Hariyadhi, Direktur Jenderal Amerika dan Eropa selaku ketua SOM ASEM Indonesia akan menyampaikan kata sambutan pada pembukaan pertemuan tersebut.

Beberapa masalah lingkungan hidup utama yang akan dibahas pada pertemuan tersebut diantaranya mengenai perubahan iklim, keberlanjutan  energi, kehutanan, keanekaragaman hayati, teknologi yang mendukung pembangunan berkelanjutan, serta kerja sama dan kemitaan antara Eropa dan Asia dalam menangani masalah lingkungan hidup.

Asia-Europe Meeting (ASEM) adalah forum yang bertujuan meningkatkan hubungan dialog dan kerjasama antara wilayah Asia dan Eropa berlandaskan saling menghargai dan kemitraan yang setara. ASEM beranggotakan 45 mitra, terdiri dari 17 mitra Asia (negara-negara anggota ASEAN ditambah Jepang, China, Korea, India, Pakistan, Mongolia, dan ASEAN Secretariat) dan 28 mitra Eropa (UE + Komisi Eropa). Dengan karakterisiknya yang informal; multidimensional; kemitraan yang setara; dan berlandaskan motto Unity in diversity, ASEM menjadi forum yang ideal untuk meningkatkan kerjasama antara kawasan Asia dan Eropa.

Di ASEM, isu lingkungan hidup merupakan salah satu isu utama yang mendapat perhatian. Pada Pertemuan Tingkat Tinggi ASEM ke-6 di Helsinki, Finlandia, tanggal 10-11 September 2006, para Pemimpin negara-negara mitra ASEM telah membahas isu ini dan mengeluarkan deklarasi yang antara lain mengidentifikasi bidang-bidang kerjasama di sektor lingkungan hidup dan menyepakati beberapa area baru seperti pembangunan berkelanjutan dengan fokus utama pada upaya-upaya untuk mencapai Millennium Development Goals (MDGs), perubahan ilklim global, lingkungan hidup dan keamanan energi. Pertemuan di Jakarta tersebut merupakan langkah tindak lanjut KTT ASEM 6.

Informasi lebih lanjut :

Staf Ahli Menteri Negara Lingkungan Hidup
Bidang Lingkungan Global dan Kerjasama Internasional
Telp : 021 – 8580112