KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Sepeda_H1_sby.jpgPagi ini, Sabtu, 11-11-07 bertempat di Lapangan Monas Jakarta, Presiden RI  secara resmi melepas Kontingen Kampanye Bersepeda untuk Perubahan Iklim "Bicycle for Earth Goes to Bali" (BFEGTB). Kegiatan yang diprakarsai oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup dan Bike to Work (Komunitas Pekerja Bersepeda) Indonesia akan melakukan perjalanan bersepeda menuju Bali mulai 11 November s.d. 1 Desember 2007 menempuh jarak 1447 km.

Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mengkampanyekan Perubahan Iklim dan juga penyelenggaraan United Nation Climate Change Conference 2007 yang akan berlangsung di Bali tanggal 3-14 Desember 2007.

Pada kesempatan ini Presiden mengatakan, semakin banyak orang menggunakan sepeda, maka udara yang dihirup semakin bersih. Dengan bersepeda, kita tidak perlu mengeluarkan biaya BBM yang harganya makin mahal.  Untuk itu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pun meminta pemerintah propinsi, kota dan kabupaten memberikan ruang bagi para pengguna sepeda.

"Berilah ruang agar kegiatan bersepeda bisa dijalankan dengan baik termasuk kegiatan bike to work," demikian kata Presiden saat memberikan sambutannya yang disambut tepuk tangan dari sekitar seribu orang yang hadir dalam acara pelepasan tersebut.

"Kepada para atlet yang menjalankan misi ini, jalankan tugas dengan penuh kebanggaan, dan kita bertemu lagi di Bali nanti. Bersama-sama mari kita selamatkan bumi" demikian pesan Presiden.

Sore harinya, pukul 15.00 rombongan BFEGTB diterima Bupati Karawang beserta Muspida dan masyarakat Karawang di lapangan Karangpawitan setelah sebelumnya melakukan kampanye keliling kota yang diikuti 15 tim inti + 30 pesepeda pendukung dan sekitar 200 sepeda dari komunitas sepeda di Karawang (Laporan: AgusPuyi).

Sumber:
Asdep Edukom
Deputi Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat.