KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Prof. Dr.Ir. Sunjoto, Dipl., HE, D.E.A
Alamat: Jalan Sorowajan Baru Gg, Muria 5 Rt/Rw: 14, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Kegiatanya:
Berhasil melestarikan lingkungan melalui kegiatan inisiasi metode dan formula perhitungan sumur resapan air hujan guna mengurangi limpasan permukaan air tanah dan banjir, meningkatkan tampungan air tanah,serta mengembangkan metode cegah defisit air, metode cegah intrusi air laut, metode cegah badan air tercemar, dan metode cegah boros energi. Implementasi metode-metode tersebut selain berdampak konservasi juga berdampak secara ekonomi, sosial dan budaya masyarakat.

Aziil Anwar
Alamat: Dusun Binanga Km 34,5 RT III RW I, Desa Pundau, Kecamatan Sendana, Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat.

Kegiatannya:
Berhasil melestarikan lingkungan melalui kegiatan pembinaan kelompok dan masyarakat dalam penanaman dan pembudidayaan 11 (sebelas) jenis bakau/manggrove pada lahan + 100 ha, sehingga menjadikan hutan bakau di Pantai Baluna menjadi obyek wisata, tempat pembibitan dan penelitian yang berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat sekitar.

Drs. Abdul Rahim Kuty
Alamat : BTN Merdeka Blok K2 Kelurahan Salekoe, Kecamatan Wara Timur, Kota Palopo, Provinsi Sulawesi Barat.

Kegiatannya:
Berhasil menyelamatkan lingkungan melalui Penanaman pohon trambesi, asem jawa, mahoni, lamtorogung  dibeberapa tempat strategis Kota Palopo, serta aktif melakukan penyuluhan kepada masyarakat dalam pengelolaan lingkungan khususnya dalam pengelolaan sampah sehingga Kota Palopo menjadi kota yang sehat, asri, hijau, bersih, teduh, dan indah.

Loen Tondang
Alamat: Dusun Sibidik, Nagori Sihalpe, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Propinsi Sumatera Utara.

Kegiatannya:
Berhasil menyelamatkan lingkungan melalui pelestarian hutan marga (hutan harangan Sibadar dan Harangan Pulo-Pulo) dengan tetap menjaga kearifan lokal dalam penyelamatan satwa, tanaman langka dan sumber mata air , sehingga mampu mensuplai air ke Danau Toba dan daerah persawahan, serta mencukupi kebutuhan air bagi masyarakat.

Hamzah
Alamat : Gunung Pakan Kelurahan Rantau Bujur Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan

Kegiatannya:
Berhasil melestarikan lingkungan melalui kegiatan rehabilitasi / penghijauan lahan kritis, peningkatkan kemampuan Kebun pembibitan swadaya dalam penyediaan bibit bagi perusahaa tambang/ Pemda yang akan melakukan reklamasi, serta aktif dalam kegiatan sosialisasi dan penyuluhan di sekolah-sekolah bersama Kelompok Tani Asuhan Murni.

KH. Fuad Affandi
Alamat : Ciburial, Desa Alamendah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Kegiatannya :
Berhasil melestarikan dan menyelamatkan lingkungan melalui kegiatan penanaman pohon keras, pemberian bibit gratis, melakukan sosialisasi dan pembinaan pelestarian lingkungan hidup kepada masyarakat dan santri, serta aktif mengembangkan pertanian, perkebunan, dan peternakan ramah lingkungan melalui penggunaan pupuk ciknabat dan pestisida organic, sehingga tetap terjaga lingkungan hayati.

Paris Sembiring
Alamat : Jalan Pijer Podi No. 36 LK.III, Kelurahan Beringin, Kecamatan Medan Selayang-Medan, Kota MedanProvinsi Sumatera Utara
Kegiatanya:
Berhasil melakukan penghijauan Sapo Rindu Berkat Tuhan (RBT) seluas 4 Ha dan Sapo Rukun Bersama (RBT) seluas 1 Ha yang dikembangkan menjadi pusat pembelajaran komunitas sekolah maupun masyarakat untuk belajar lebih detail tentang penangkaran, dan sebagai warung pohon dimana orang-orang dapat membeli berbagai jenis pohon/tanaman.

H. Arfae
Alamat: Dusun Paginda, Desa Sukaoneng, Kecamatan Tambak, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur.

Kegiatannya:
Berhasil menjaga dan melestarikan hutan mangrove di Pantai Pasir Putih Kekeb Kembar Pulau Bawean seluas 350 ha melalui kegiatan pembibitan dan penanaman mangrove, pembuatan sungaibuatan untuk mengendalikan sirkulasi air laut saat pasang dan surut, sehingga bermanfaat dalam pemulihan tanaman mangrove, penangkaran ikan, dan mengurangi dampak abrasi air laut.

Marthin Frederick Hausullussy
Alamat: Dusun Westopong, RT. 02, RW. 001, Desa Amahusu, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Provinsi Maluku.

Kegiatannya:
Berhasil melestarikan hutan mangrove seluas 85 ha melalui kegiatan penghijauan lahan kritis, pembangunan pusat pengkajian, dan pengembangan komunitas hutan mangrove, penyuluhan dan pelatihan kader pelestari alami/lembaga adat (kewang), serta memberdayakan masyarakat di sektor perikanan alat tangkap berbasis lingkungan dan memberdayakan kelompok binaan berbasis pengolahan sampah.

Wilhelm Mambror
Alamat: Jalan Seremuk, Desa Kohoin, Kecamatan Kaibus, Kabupaten Sorong Selatan, Provinsi Papua Barat.

Kegiatannya:
Berhasil melestarikan lingkungan melalui kegiatan penangkapan hewan (burung) guna ditangkap untuk dikembangkan dan dilepaskan kembali ke alam, penanaman pohon buah-buahan dan pohon langka di sekitar gereja seluas 2 ha. Serta aktif memotivasi melalui penyuluhan dan khotbah kepada masyarakat di Kelurahan Kohoin khususnya dan masyarakat Kabupaten Sorong Selatan pada umumnya.