KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Siaran Pers:

Pengembangan Program Biogas di Kabupaten Subang sebagai Bagian dari Upaya Pemberdayaan Komunitas Peternak

SUBANG, 12 Mei 2010 — Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia hari ini melakukan kerja sama dengan kelompok usaha makanan dan minuman Danone untuk pengembangan program biogas di kecamatan Sagalaherang, Cisaat, dan Jalan Cagak Kabupaten Subang dan kecamatan lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Didukung oleh Bank Syariah Mandiri, 202 unit Biogas di Kabupaten Subang dan Bandung Barat telah terpasang dan telah memberikan banyak manfaat kepada warga serta menjadi bagian dari upaya pemberdayaan komunitas peternak. Kelompok usaha Danone bersama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan mitra lainnya sudah berkomitmen untuk menambah 200 unit biogas di wilayah Jawa Barat.

Banyak manfaat yang telah dirasakan oleh masyarakat dengan adanya 202 unit biogas di Kabupaten Subang dan Bandung Barat. Masyarakat sudah tidak perlu mencari kayu bakar lagi karena dapat menggunakan biogas untuk memasak, yang artinya mengurangi jumlah pohon yang ditebang untuk kayu bakar. Proses memasak tidak menghasilkan asap sehingga lebih sehat dan dapur menjadi lebih bersih. Kandang juga menjadi lebih bersih karena limbahnya terolah dengan baik. Kotoran sapi dapat diolah menjadi pupuk yang bisa dipakai langsung di kebun atau bisa dijual, dan tidak akan terbuang ke sungai sehingga air tidak terkontaminasi.

“Program pengembangan biogas di Subang ini dimaksudkan untuk membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui penyediaan bahan bakar alternatif yang seiring dengan tujuan pelestarian lingkungan hidup. Program ini diharapkan bisa berkontribusi dalam upaya penurunan emisi gas rumah kaca melalui pengurangan penggunaan kayu sebagai bahan bakar dan pengurangan gas metan akibat kotoran sapi.