KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Pada tanggal Jakarta, 28 September 2006, Kementerian Negara Lingkungan Hidup dengan Perseroan Terbatas Bank Syariah Mandiri melakukan  penandatanganan perjanjian kerjasama untuk penyaluran pembiayaan program debt for nature swap dari Pemerintah Jerman melalui Kreditanstalt fur Wiederaufbau (KfW) untuk investasi lingkungan kepada usaha mikro dan kecil. 

Penandatanganan perjanjian kerjasama sebagai upaya nyata untuk memperoleh dan mengoptimalisasikan sumber dana dalam rangka menjaga dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup, yang sekaligus merupakan upaya  meringankan beban utang luar negeri.

Penandatanganan Perjanjian kerjasama ini dilakukan oleh Sekretaris Menteri Negara Lingkungan Hidup, Bpk Arief Yuwono dan Direktur Utama Bank Syariah Mandiri, Bpk Yuslam Fauzi dengan disaksikan oleh Menteri Negara Lingkungan Hidup, Bpk. Rachmat Witoelar.

Perjanjian ini dilakukan sebagai lanjutan pemerintah untuk merealisasikan program Debt for Nature Swap (DNS) telah dimulai sejak bulan Oktober 2002. Program Utama dari DNS ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas lingkungan di Indonesia melalui bantuan pendanaan bagi usaha mikro dan kecil yang memiliki akses yang terbatas terhadap jasa perbankan dalam penyediaan pendanaan bagi teknologi berwawasan lingkungan. Dana yang dialokasikan untuk program ini adalah sebesar € 6.25 juta atau setara dengan Rp. 68 milyar dalam jangka waktu 5 tahun (2006-2010).  KLH telah mengalokasikan dana sebesar Rp. 5 milyar untuk tahun anggaran 2006.

Peran serta  PT Bank Syariah Mandiri sebagai lembaga keuangan pelaksana program DNS ini, menandai babak baru dalam pembiayaan bagi investasi lingkungan. Melalui lembaga keuangan syariah, diharapkan sebaran manfaat dan cakupan kelompok sasaran program pinjaman lunak lingkungan dapat diperluas.  Penerapan prinsip-prinsip syariah, pengalaman dalam pembiayaan investasi lingkungan bagi usaha mikro dan kecil, serta pendampingan bagi nasabah akan mampu memberikan stimulus yang kuat untuk keberhasilan program ini.

Informasi lebih lanjut, hubungi  :
KEMENTERIAN NEGARA LINGKUNGAN HIDUP

PT BANK SYARIAH MANDIRI
Kepala Divisi Pembiayaan 3
Gedung Bank Syariah Mandiri Lt. 4
Jl. M.H. Thamrin No. 5 Jakarta
Tel: 021 – 2300509 ext 3429/ 3430
Fax: 021 – 2300594

Asdep  Urusan Insentif dan Pendanaan Lingkungan
Kementerian Negara Lingkungan Hidup
JL. D.I. Panjaitan Kav. 24 Kebon Nanas, Jakarta 13410
Tel/Fax. 021-8517161
Website
: http://www.menlh.go.id/pinjamanlunak/