KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA


Medan (ANTARA News) – Program Kompos Sampah Pasar "Nothing Wasted" Danamon Go Green terpilih menjadi satu dari 12 finalis yang terseleksi dari 900 program pengembangan masyarakat sedunia yang digelar BBC World Challenge.

"Program Danamon itu merupakan satu-satunya program yang mewakili Indonesia pada kompetisi yang digelar BBC World Challenge 2009 itu. Manajemen berharap memenangkan kompetisi tersebut dan itu perlu dukungan dari masyarakat Indonesia," kata Head of Public Affairs PT Bank Danamon Indonesia Tbk.Zsa Zsa Yusharyahya, di Jakarta, Selasa.

Menurut Zsa-Zsa yang dihubungi dari Medan, dukungan dari masyarakat Indonesia itu mengacu pada ketentuan, dimana pemenang akan ditentukan dari jumlah suara terbanyak melalui voting online berdasarkan satu orang satu suara.

Voting melalui www.theworldchallenge.co.uk, kata dia, dimulai sejak 28 September hingga 13 November 2009.

"Voting itu menentukan tiga pemenang utama dan diharapkan Danamon menang dalam Worl Challenge pada tahun ke-lima tahun ini," katanya.

World Challenge yang merupakan kompetisi internasional yang diadakan BBC World News dan Majalah Newsweek dan merupakan kompetisi program-program inovatif yang bertujuan mengentaskan kemiskinan melalui pendidikan perempuan, pengelolaan lingkungan serta pengembangan ekonomi masyarakat.

Adapun Program "Nothing Wasted" Danamon Go Green, kata Zsa-Zsa bertujuan untuk mengkonversi sampah pasar tradisional menjadi kompos berkualitas tinggi untuk didistribusikan kepada para petani.

Program itu secara sistematis meningkatkan kondisi kesehatan dan kebersihan serta memberikan manfaat sosial ekonomi bagi komunitas pasar tradisional dan petani.

Pasar tradisional dan pertanian merupakan pilar dari pembangunan sosial dan ekonomi masyarakat Indonesia sehingga Danamon juga perduli, kata Zsa-Zsa. (*)

Sumber:

Antara Lingkungan