KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

darunajah.jpgDarunnajah Jakarta, Jum’at’ 23 November 2007. Asdep Pemberdayaan Masyarakat Perkotaan, Deputi VI, KNLH bekerja sama dengan Pondok Pesantren Darunnjah Jakarta telah melaksanakan sosialisasi Program Ekopesantren, yang dilaksanakan pada tanggal 23 November 2007 di Pondok Pesantren Darunnajah, Cipulir, Jakarta Selatan. Kegiatan tersebut dihadiri oleh 75 orang perwakilan dari 16 pondok pesantren se JABODETABEK.

Program Ekopesantren merupakan salah satu program strategis Kementerian Negara Lingkungan Hidup, dengan tujuan menggerakkan warga pondok pesantren mengaplikasikan proses belajar mengajar materi lingkungan hidup, berdasarkan ajaran Islam dan berpartisipasi melestarikan lingkungan hidup di pondok pesantren dan sekitarnya. 

Ketua Yayasan Pondok Pesantren Darunnajah KH. Syarifudin Arif SA.MA, dalam sambutannya menyampaikan pentingnya mengantisipasi kekeringan, dengan kondisi global warming yang sudah terjadi dalam satu dekade. Beliau memberikan contoh yang telah dilakukan oleh Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta, dalam upaya pengendalian kekeringan, di lingkungan pondok pesantren Darunnajah telah dibuat beberapa sumur resapan. Sumur resapan ini dibuat di halaman pondok dan apabila musim kering, sumur resapan ini dipergunakan untuk menyiram tanaman kebun dan halaman.

Sementara itu Asdep 3/VI, KNLH dalam sambutan pembukaan menyampaikan harapannya agar seluruh pondok pesantren dapat ikut mempersiapkan diri dalam program ini, sehingga dapat mengikuti dalam tahapan berikutnya, juga berharap program ini didukung oleh instansi terkait. Sehingga Pondok Pesantren tidak hanya sadar lingkungan tetapi juga tanggap dengan perubahan jaman.

Sumber
Asdep Pemberdayaan Masyarakat Perkotaan KNLH
Tlp. 021 85911211
inung@menlh.go.id