KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Proklamathon Jejak-jejak Proklamasi adalah acara yang digagas oleh Yayasan yang dipimpin oleh Yessy Gusman (artis yang terkenal di era 1980-an bersama Rano Karno)  bertujuan membentuk kepedulian masyarakat khususnya generasi muda dalam memaknai Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 63. Di samping itu juga untuk menghargai jasa-jasa para pahlawan dengan melakukan kegiatan sosial yang melibatkan masyarakat setempat.   
 
Acara yang dilaksanakan di lapangan Tugu Proklamasi Rengas Dengklok dari tanggal 16-18 Agustus 2008 meliputi kegiatan: sunatan masal, peresmian taman bacaan anak, peresmian masjid, lomba meluk  is tong sampah, lomba panjat pinang, pawai ketangkasan becak, lomba baca tulis inovatif tingkat SD, penanaman pohon produktif, dan lomba bersih lapangan.    

regas.jpgKLH mendukung kegiatan tersebut dalam pengadaan tong sampah dan piala untuk pemenang lomba baca tulis inovatif tingkat SD. Di samping itu KLH juga mengirim mobil eksibisi keliling yang memberikan informasi lingkungan hidup dan membagikan komik lingkungan, CD interaktif, poster, buku-buku lingkungan, dan pin. Selain itu juga memberikan kaos dan topi dengan menjawab kuisioner secara benar. Tidak kurang dari 400-an orang rela antre dan berebut untuk mendapatkan bahan-bahan publikasi tersebut.

Deputi VI yang didampingi Asdep Urusan Edukasi dan Komunikasi Lingkungan memberikan piala kepada pemenang lomba baca tulis inovatif tingkat SD. Puncak acara menampilkan grup teater dari Universitas Negeri Jakarta yang mengangkat tema kondisi lingkungan hidup saat ini. (Arief Sumargi)

Sumber:
Kementerian Negara Lingkungan Hidup
Bidang Publikasi