KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Pada tanggal 2 Februari sekitar jam 16.30 WIB PT. Toyota Astra Motor mengirimkan dokumen hasil uji kendaraan bermotor tipe baru atas nama Bpk. Joko Trisanyoto (Direktur) untuk jenis kendaraan penumpang katagori sedan dengan merk Toyota Crown 3000 A/T Full. Kendaraan ini merupakan kendaraan yang diimport langsung (built-up) dari negara prinsipalnya yaitu Jepang. Dokumen dari pihak Toyota diserahkan oleh Bpk. Abdul Rochim dari bagian Engineering sedangkan dari KLH diterima oleh beberapa staf di Asdep Pengendalian Emisi Kendaraan.

Sebagaimana telah diketahui Kementerian Negara Lingkungan Hidup telah menetapkan suatu peraturan baru yaitu Kep. Men LH. No. 141 tahun 2003 tentang Ambang Batas Kendaraan Bermotor Tipe Baru yang mulai berlaku januari tahun 2005 untuk kendaraan bermotor tipe baru dan pada tahun 2007 untuk kendaraan yang sedang diproduksi.

Pemerikasaan dokumen akan dilakukan di internal Asdep I/V selam 6 hari kerja yang hasilnya akan direkomendasikan oleh Deputi V KLH. Untuk dokumen tersebut akan dikirimkan dikirimkan ke Dit. Jend. Perhubungan Darat untuk dilanjutkan dengan pengujian laik jalan. Surat rekomendasi dari Deputi V KLH tersebut juga di tembuskan ke Menteri Negara Lingkungan Hidup sebagi laporan dan kepada penanggungjawab usaha /kegiatan dalam hal ini adalah PT. Toyota Astra Motor.

Informasi lebih lanjut Hubungi
Edy Purwanto M. Bakri
edybakri@menlh.go.id
Asdep Emisi Kendaraan (I/V)
Alamat : Gd. C Kementerian Lingkungan Hidup
D. I Panjaitan kav. 24 Jakarta –Timur
Telp/Fax 85911207