PUNCAK ACARA GERAKAN PEREMPUAN TANAM DAN PELIHARA 2010

Siaran Pers: Acara Puncak Gerakan Perempuan Tebar dan Pelihara Desa Tanjung Pasir, kabupaten Tangerang, propinsi Banten, I Desember 2010 Acara Puncak rangkaian kegiatan GPTP (Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara) tahun 2010 diselenggarakan di lokasi ini karena tema GPTP tahun 2010 mengenai Penyelamatan Hutan Pantai dan Pemberdayaan Masyarakat Pesisir. Pada kesempatan ini juga akan disaksikan peresmian [...]

1 Dec 2010 10:43 WIB

Siaran Pers: Acara Puncak Gerakan Perempuan Tebar dan Pelihara Desa Tanjung Pasir, kabupaten Tangerang, propinsi Banten, I Desember 2010

Acara Puncak rangkaian kegiatan GPTP (Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara) tahun 2010 diselenggarakan di lokasi ini karena tema GPTP tahun 2010 mengenai Penyelamatan Hutan Pantai dan Pemberdayaan Masyarakat Pesisir. Pada kesempatan ini juga akan disaksikan peresmian Desa Sejahtera Binaan SIKIB yang untuk pertama kalinya berada di daerah pesisir, serta peluncuran program Arung Bakti Nusantara.

Dibandingkan dengan Acara2 Puncak GPTP yang lalu-lalu, yaitu di Bumi Perkemahan Cibubur pada tahun 2007 (tema: Pemanasan Global), kemudian di Ancol tahun 2008 (tema Ketahanan Pangan Keluarga), serta di Situ Cikaret pada 2009 (tema konservasi Air); maka acara puncak tahun 2010 ini terdapat kelebihan yang sangat berarti. Hal ini karena SIKIB sebagai salah satu anggota gerakan nasional GPTP yg diprakarsai Ibu Negara pada tahun 2007 ini (dan merupakan kebersamaan 7 organisasi perempuan: SIKIB; KOWANI; Dharma Wanita; Dharma Pertiwi; Bhayangkari, Tim Penggerak PKK, dan APPS) akan tetap berkiprah di sini secara berkelanjutan setelah selesai Acara Puncak ini. Bersama TNI AL serta masyarakat Desa Tanjung Pasir, kecamatan Teluk Naga, kabupaten Tangerang, Provinsi Banten ini, SIKIB melalui kelima pilarnya akan bekerjasama erat menuju kesejahteraan masyarakat di daerah ini.

Hari ini, berbeda pula dengan acara-acara Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara sebelumnya, kali ini yang ditanam adalah tanaman pantai dan pesisir. Penanaman ini tidak semudah menanam di luar pesisir; setiap lubang di lahan pasir ini satu persatu dicampur dengan media tanah ditambah pupuk beberapa hari sebelumnya. Sebagian penanaman juga telah dimulai sejak beberapa minggu yang lalu. Karenanya, dalam Laporan Ketua SIKIB ibu Silvy Agung Laksono secara khusus dititipkan pemeliharaan 1000 tanaman pesisir, 2000 mangrove & 30.000 benih ikan bandeng yang ditanam & ditebar di lokasi ini kepada TNI AL & masyarakat setempat. Selain itu, 5000 bibit tanaman pantai, 5000 bibit tanaman mangrove serta 12.000 benih ikan nila & bandeng yang diberikan pada masyarakan dan akan ditanam & ditebar di luar lokasi ini, diharapkan agar betul2 ditanam, ditebar dan dipelihara, karena manfaatnya untuk masyarakat juga.

Berbagai fasilitas telah dibuatkan dan dibangunkan oleh SIKIB dalam kerjasama berbagai mitra. Semua ini sepenuhnya dilakukan untuk kepentingan masyarakat dan didasari berbagai upaya2 ibu-ibu SIKIB dan pihak TNI Al. beserta Jalasenastrinya untuk mendengarkan langsung dari masyarakat desa Tanjung Pasir kec. T’eluk Naga aspirasi dan masukan2 mengenai kebutuhannya.. Selain membangun dan merenovasi berbagai bangunan fisik, pilar-pilar SIKIB telah menyiapkan pula aneka kegiatan pemberdayaan masyarakat seperti penyuluhan, pelatihan, bakti sosial, kampanye makan ikan, perilaku hidup bersih2 & sehat, pembinaan disain & packaging produk2 masyarakat, dll.

Bangunan fisik yang akan mendukung kegiatan Desa Sejahtera Pesisir binaan SIKIB di Tanjung Pasir ini a.l. adalah Rumah Pintar (yg terdiri dari sentra Buku, sentra Bermain, sentra Komputer, sentra Seni Budaya & sentra Kriya); Rumah Produksi & Rumah Prornosi direncanakan akan mendukung kegiatan ekonomi produktif masyarakat yang berbasis sumberdaya laut); Pos kesehatan desa yang akan memberikan pelayanan kesehatan terpadu; 10 kios2 untuk UKM dari masyarakat setempat, serta perbaikan jalan, pemasukan pipa air ke lokasi, disamping persiapan pembangunan fasilitas sanimas (sanitasi masyarakat) di 4 lokasi dan persiapan program dan perbaikan kualitas perumahan swadaya, yang diluncurkan sekarang meski baru akan dilaksanakan pada tahun 2011).

Berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat juga dilakukan sejak beberapa hari sebelumnya, seperti pelatihan tutor rumah pintar, sosialisasi pemanfaatan rumah pintar ke masyarakat, acara bersih2 pantai, pelatihan wirausaha budidaya ikan polikultur, penyuluhan pengelolaan sampah & daur ulang limbah rumah tangga, pelatihan pembuatan roti, bimbingan teknis pengolahan hasil laut, dsb.nya. Dalam Rangka Perayaan Hari Ibu 2010 telah dilakukan berbagai bakti social kesehatan bagi masyarakat sekitar.

Acara yang tidak kalah pentingnya hari ini adalah peluncuran program Arung Bhakti Nusantara, kerjasama SIKIB dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kesehatan, TNI AL dan Arta Graha Peduli, yang mulai tahun 2011 akan diupayakan berbagai kegiatan bersama untuk menjangkau daerah pesisir & pulau2 kecil yang terpencil dengan berbagai pelayanan pilar-pilar SIKIB dan TNI AL. Salah satu contoh kegiatan ini disampaikan dalam bentuk Rumah Sakit Lapangan yang akan mempraktekkan berbagai kegiatan yang dapat dilakukan bersama dalam Program Arung Bakti Nusantara tersebut.

Berbagai sumbangan pemerintah juga akan diberikan langsung oleh menterinya: 3 Kebun Bibir Rakyat & 5000 bibit tanaman pesisir oleh Menteri Kehutanan; 20 paket bantuan Wirausaha Budidaya Ikan dan 12.000 benih ikan dari Menteri Kelautan & Perikanan, 32 tempat sampah pilah permanen, 2 komposter dan 2 papan Pesan Lingkungan dari Menteri Negara Lingk. Hidup, serta bantuan paket air bersih dan sanitasi masyarakat, perbaikan jalan, serta perbaikan sanitasi dan lingkungan di SD Negeri Tanjong Pasir.
Berbagai pihak memberikan dukungan untuk rangkaian kegiatan ini, seperti Kern. Kehutanan, Kern. Kelautan & Perikanan, Kem. Lingkungan Hidup, Kem. Pekerjaan Umum, Kem. UKM, Kem. Perdagangan, Kem. Kesehatan, Kem. Sosial, Kem. Perumahan Rakyat, BKKBN, KASAL dan jajarannya, disamping pemda kab. Tangerang & prop. Banten, dll. Selain itu,Universitas YARSI yang akan mendampingi SIKIB dalam kegiatan2 pemberdayaan masyarakat, pemantauan dan evaluasi pelaksanaan Desa Sejahtera binaan SIKIB ini. Berbagai sponsor & donator yang mendukung baik dalam bentuk dana maupun in natura antara lain YKKSJ, Artha Graha Peduli, PT Adaro, PT Sinar Mas, PT Bogasari, PT Teh Sosro, BRI, dan lain-lain.

 

Sumber:
Siaran Pers Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara 2010.
(SIKIB; KOWANI; Dharma Wanita; Dharma Pertiwi; Bhayangkari, Tim Penggerak PKK, dan APPS)

Kerjasama

  • Luar Negeri
  • Dalam Negeri
    • sponsor
    • sponsor
    • sponsor
    • sponsor
    • sponsor
Sex izle Film izle Hd Film izle Seo Danışmanı