KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

rakor1.jpgYogyakarta, 20 September 2006Menteri Negara Lingkungan Hidup  meresmikan pembukaan Rapat Koordinasi (RAKOR) Pengelolaan Kualitas Udara yang dilaksanakan pada tanggal 20 s.d 22 September 2006 di Hotel Inna Garuda – Yogyakarta yang dihadiri oleh 32 Kepala Bapedalda/BPLH Provinsi se Indonesia, 13 Kepala Bapedalda/BPLH Kota, Direktorat Pengendalian LH – Ditjen OTDA, Depdagri, Perguruan tinggi serta LSM.

Rakor Pengelolaan Kualitas Udara bertujuan untuk menyatukan persepsi dalam upaya pengendalian pencemaran udara secara nasional melalui penyusunan strategi dan rencana aksi pengelolaan kualitas udara serta mendorong pemerintah daerah dalam penyusunan peraturan daerah di bidang pengendalian pencemaran udara.

Materi Rakor Pengendalian Kualitas Udara kali ini lebih komprehensif karena tidak saja membahas permasalahan udara di lapisan troposfir melainkan kaitannya dengan lapisan udara yang lebih tinggi, yaitu stratosfir. Dampak pencemaran udara terhadap atmosfir dapat mengakibatkan pemanasan global, perubahan iklim, deposisi asam serta penipisan lapisan ozon.

Materi Rakor selama tiga hari ini adalah :  (i) Menginventarisir kebutuhan daerah terhadap pengelolaan kualitas udara di daerah; (ii) Menyamakan persepsi tentang hubungan pusat dan daerah dalam upaya pengendalian pencemaran udara; (iii) Membahas kebutuhan peraturan daerah pengendalian pencemaran udara dan materi muatan pengaturan Udara Bersih.

Kompleksitas permasalahan yang muncul dalam penanggulangan pencemaran udara serta atmosfir memerlukan koordinasi yang terintegrasi dan sinergi antar sektor, serta dilaksanakan secara bertahap agar sasaran udara bersih dapat tercapai.

Pada tingkat nasional sudah dipandang perlu adanya perangkat peraturan yang dapat mencakup keseluruhan isu-isu pokok permasalahan udara yang dihadapi dan rencana aksi yang perlu dilakukan di pusat maupun daerah. Rencana aksi ini dapat berfungsi sebagai pedoman bagi pemerintah daerah maupun stakeholders lainnya dalam mengatasi pencemaran udara dan atmosfir

Untuk informasi lebih lanjut :

Ridwan D. Tamin, M.S.

Asdep Urusan Pengendalian Pencemaran Emisi Sumber Bergerak
Kementerian Negara Lingkungan Hidup
Tel/Fax: (021) 859 11207/ 85906678
Email    : emisikendaraan@menlh.go.id