KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA


SIARAN PERS: RAPAT KOORDINASI REGIONAL LINGKUNGAN HIDUP (RAKOREG LH)
BALI DAN NUSA TENGGARA

Mataram, 10-11 Maret 2011. Dalam rangka sinkronisasi kegiatan pengelolaan lingkungan hidup nasional, Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) menyelenggarakan Rapat Koordinasi Regional Lingkungan Hidup (Rakoreg LH) di 5 wilayah ekoregion.  Rakoreg LH wilayah Sumatra telah berlangsung di Palembang pada 7-8 Maret 2011, wilayah Bali-Nusra di Mataram pada 10 -11 Maret 2011,  wilayah Jawa di Yogyakarta pada 21-22 Maret 2011, wilayah Sumapapua di Makassar pada 24 – 25 Maret 2011 dan wilayah Kalimantan di Banjarmasin pada 29 – 30 Maret 2011.

Pertemuan yang mengutamakan komunikasi setara antara pemerintah daerah dan KLH ini bertujuan untuk (1) menjaring aspirasi pemerintah daerah dalam pengelolaan SDA dan lingkungan hidup secara optimal, konkrit dan strategis (2) memperoleh profil pengelolaan SDA dan lingkungan hidup daerah untuk mempertajam penetapan lokus strategis apabila dibutuhkan, (3) mengkomunikasikan berbagai kendala dan hambatan yang dirasakan pihak daerah maupun KLH untuk menyusun langkah konkrit penyelesaian permasalahan yang ada.

Dalam Sambutan pembukaan Rapat Koordinasi Regional Lingkungan Hidup Bali-Nusra di Mataram tanggal 10-11 Maret 2011, Menteri Negara Lingkungan Hidup, Prof. Dr. Gusti Muhammad Hatta, MS menyampaikan “Rakoreg ini diharapkan dapat mencapai kesepakatan usulan rencana kegiatan tahun 2012 yang merupakan sinergi pemerintah pusat dan daerah di bidang lingkungan hidup dari setiap ekoregion sehingga dapat menjadi masukan pelaksanaan Rakornas LH dan Musrenbang Provinsi masing-masing.