KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Ket. Foto: Deputi VI, Didampingi Wakil Gubernur Sulawesi utara & Kepala BLH Sulawesi Utara

Manado, 12 Desember 2011 – Kementerian Lingkungan Hidup menyelengarakan Rapat Koordinasi Nasional (RAKORNAS) Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat pada tanggal 12 – 13 Desember 2011 di Manado. Kegiatan ini merupakan Forum Nasional untuk membahas konsep pengembangan komunikasi lingkungan hidup dan pemberdayaan masyarakat serta koordinasi pelaksanaan  dan pemberdayaan masyarakat tahun 2012. Kegiatan tersebut diikuti oleh unsur Pemda Propinsi, Pemda Kabupaten, Perguruan Tinggi, Ormas, Orsos, Organisasi profesi serta Kaukus Lingkungan Hidup.

RAKORNAS Komunikasi Lingkungan ini dibuka oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara sekaligus sebagai tuan rumah.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk peningkatan pengetahuan dan pemahaman masyarakat dalam bidang Perlindungan  dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH), sehingga diharapkan dapat mendorong efektifitas dalam pemberdayaan masyarakat di bidang PPLH sehingga terwujudnya masyarakat yang berperilaku lingkungan.

Program penyelamatan lingkungan yang akhir-akhir ini gencar dikampanyekan banyak pihak, memang patut mendapatkan apresiasi, namun bila dicermati, kegiatan-kegiatan tersebut kebanyakan masih sebatas program-program simbolis dan seremonial. Sebut saja misalnya program penanaman pohon yang tidak diikuti dengan kegiatan pemeliharaan, sehingga hanya terkesan program pencitraan institusi atau lembaga tertentu. Sehingga puluhan pohon, bahkan mungkin jutaan pohon, terancam mati.

“Rapat Koordinasi Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat Tahun 2011 ini dapat menghasilkan langkah-langkah selaras di antara Kementerian Lingkungan Hidup sebagai pemegang kebijakan di tingkat pusat, dengan institusi lingkungan hidup di daerah. Melalui kesempatan itu pula saya titipkan harapan Menteri Lingkungan Hidup RI agar hasil Rapat Koordinasi ini dapat memberi pengaruh positip terhadap permasalahan lingkungan yang ada, melalui langkah kongkret kegiatan komunikasi lingkungan dan pemberdayaan masyarakat”, demikian pernyataan Deputi MENLH Bidang Komunikasi dan Pemberdayaan Masyarakat, Ir. Ilyas Asaad., M.H. pada sambutan pembukaan Rakornas Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat di Manado.

Kementerian Lingkungan Hidup, melalui Deputi VI MENLH Bidang Komunikasi Lingkungan  dan  Pemberdayaan Masyarakat sebagai unit yang bertanggung jawab secara nasional dalam bidang komunikasi lingkungan dan pemberdayaan masyarakat memandang perlu untuk memuat satu “konsensus” nasional untuk pengembangan komunikasi lingkungan dan pemberdayaan masyarakat bidang PPLH. Berdasarkan tupoksi inilah kegiatan Rakornas Deputi VI dilaksanakan. Hasil rakornas ini menjadi penting untuk menunjang efektivitas kegiatan pengembangan komunikasi lingkungan dan pemberdayaan masyarakat dalam PPLH bagi terwujudnya tujuan pembangunan berkelanjutan dan berwawasan lingkungan di Indonesia.

Informasi lebih lajut hubunggi:

Deputi VI Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat
Kementeria Lingkungan Hidup.
Telpon 021 8580087
e-mail: humas@klh@gmail.com