KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Jakarta, 30 Mei 2013. Pekan Lingkungan Indonesia (PLI) 2013 hari ini dibuka secara resmi oleh Menteri Lingkungan Hidup di Jakarta Convention Center, Hall A. Pameran Lingkungan diselenggarakan pada tanggal 30 Mei sampai 2 Juni 2013 merupakan salah satu rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Tema utama PLI 2013 yaitu “Ubah Perilaku dan Pola Konsumsi Untuk Selamatkan Lingkungan” mengikuti tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang dikeluarkan oleh Badan Lingkungan Hidup PBB, United Nations Environment Programme (UNEP), yaitu “Think.Eat.Save”. Tema ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran yang mudah serta membuka kesadaran kita semua atas pentingnya menyikapi pemanfaatan mata rantai makanan dan sumber daya alam termasuk pemanfaatan bahan makanan secara bijak.

Menteri Lingkungan Hidup melakukan pemotongan pita tanda dibukanya secara resmi Pekan Lingkungan Indonesia pada pukul 10.00 wib pagi dan terbuka untuk umum. Setelah melakukan pemotongan pita Menteri berkenan berkeliling untuk menyaksikan stan pameran. Salah satu stan yang menjadi perhatian Menteri Lingkungan Hidup adalah Pameran Foto Lingkungan. Yang mengisi Pameran Foto Lingkungan ini adalah 20 Finalis terbaik. Seleksiannya sendiri sudah dimulai sejak tanggal 17 April dan ditutup tanggal 20 Mei. Peserta sendiri berasal dari Aceh hingga Papua, diikuti oleh 324 dikirimkan melalui elektronik-mail (e-mail) dan 2 Foto dengan cap pos. Seleksinya dilakukan oleh dewan Juri (Makaryos. S. dan Ricky Martin). Pada tanggal 27 Mei 2013. Lebih dari 600 foto yang diberikan panitia kepada masing-2 dewan juri kemudian terpilihlah 20 foto untuk di Pamerkan. Tiga terbaik (Juara Satu; Sandhi Irawan, Judul: Makanan Sehat, Juara Dua Faizal Johan Atletiko, Judul: Festifal Rujak Uleg Sebagai Makanan Khas Surabaya, Juara Tiga Fikri Ramadhavi, Judul; Menjemur Ikan Teri, dan satu Foto favorit di pilih langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup Bapak Balthasar Kambuaya (Ukon Furkon Sukanda, Judul: Sumbang Polusi). Setelah meninjau Stan Foto Menteri menyaksikan stan Pelayanan Satu Atap KLH.

Dan setelah berputar-putar mengunjungi stan Pelayanan Satu Atap KLH, Menteri mengakhirinya di Stan KLH. Di stan inilah menteri disambut oleh pelajar peserta “Sarjana Cilik”, Pantomim, Putri Lingkungan dari Kalimantan, dan pengrajin serta seniman daur ulang “wayang suket” dan diakhiri dengaan berfoto bersama. Didalam stan selain edukasi berupa program prioritas di Kedeputian KLH, diadakan pula Pameran piala penghargaan KLH berupa penghargaan, Kalpataru, Adipura, Adiwiyata, PROPER, Media Award, Proklim, Tropy Raksaniyata (Menuju indonesia Hijau) dan Penghargaan Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD).

Pada kesempatan yang sama setelah melakukan kujungan stan Menteri melakukan dialog lingkungan dengan pelajar SMP dari beberapa sekolah yg ada di Jakarta, Kegiatan ini menutup kegiatan Menteri di areal pameran. Sedangkan secara paralel masih pula diadakan beberapa kegiatan seminar.

Seminar
seminar pada hari ini adalah

  1. Pengakuan keberadaan Masyarakat hukum adat, Kearifan Lokal, dan Hak-hak yang terkit dengan Perlindungan danHukum Adat, Kearifan Lokal dan Hak-hak yang terkait dengan perlindungan lingkungan hidup.
  2. Sosialisai hasil survey Perilaku Masyarakat Peduli Lingkungan (Sonny Keraf)
  3. Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Jabatan Fungsional Personil laboratorium daerah
  4. Sosialisasi pedoman penyelengaraan Diklat LH Akreditasi Lembaga Diklat LH dan kurikulum AMDAL
  5. Kerusakan Lingkungan dan Perubahan Iklim: tantangan dan Peluang
  6. Workshop Blueep
  7. Blue Print Pengelolaan sumber daya alam dan LH Tanah papua (sonny Keraf)
  8. Talkshow Jenis Asing Invasif di Indonesia: Status Ancaman dan dampak serta Tindakan Pengendalian

Sedangkan untuk Besok ;

  1. Rantai emas (jam 9)
  2. Foto Lingkungan (Makaryos. S) jam 9.
  3. Asuransi lingkungan (13.30)
  4. Talkshow KLHS (Sonny Keraf) jam 9
  5. Aksi Ciliwung dan dialog interaktif aksi perempuan untuk lingkungan (Erna Witoelar) jam  13.30
  6. Bank Sampah (jam 9)
  7. Youth dialogue: How to be Green Consumer (Emil Salim) jam 13.00

Akhirnya hari pertama ini ditutup dengan serangkaian Green Music Festival. Acara ini diisi bula dengan berbagai lomba girls dan boys band, serta lomba band akustik. (berbagai sumber)

Facebook: www.facebook.com/hari.lingkungan