KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Jakarta, 7 Juli 2005 —– Kementerian Lingkungan Hidup mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dengan Bapedalda Propinsi seluruh Indonesia pada tanggal 6-7 Juli 2005 di Jakarta. Ada tiga puluh Bapedalda tingkat propinsi yang mengikuti rakernas LH. Dalam rakernas dibahas peran Bapedalda Propinsi dalam menjalankan program strategis KLH. Dalam paparan program KLH, seperti Program PROPER dan Program ADIPURA ada peran Bapedalda propinsi yang akan ikut terlibat dalam pemantauan.

Sasaran Kementerian Lingkungan Hidup diarahkan pada membaiknya fungsi lingkungan hidup dan pengelolaan sumberdaya alam yang mengarah pada pengarusutamaan prinsip pembangunan berkelanjutan di seluruh sektor dan bidang pembangunan.

Tujuan yang ingin dicapai adalah: (1) terpeliharanya fungsi lingkungan sebagai penyangga kehidupan; (2) menurunnya tingkat pencemaran sumber daya alam dan lingkungan hidup; (3) menurunnya tingkat kerusakan sumber daya alam dan lingkungan hidup; dan (4) termanfaatkannya sumber daya alam secara berkelanjutan.

Untuk itu, pada periode 2005-2009 Kementerian Lingkungan Hidup memfokuskan core bisnisnya, yaitu:

1. Pengendalian Pencemaran Lingkungan, termasuk pengelolaan B3 dan Limbah B3; serta
2. Peningkatan Konservasi Sumber Daya Alam dan Pengendalian Kerusakan Lingkungan.

yang ditunjang dengan supporting systems meliputi Tata Lingkungan, Penaatan, Komunikasi dan Pemberdayaan Masyarakat dan Sarana Teknis Lingkungan.

Dalam rangka mempercepat terwujudnya lingkungan hidup yang bersih, teduh dan indah maka Kementerian Lingkungan Hidup akan terus melaksanakan program Adipura dan PROPER secara lebih komprehensif, profesional dengan melibatkan semua unsur Pemerintah dan masyarakat.

Asisten Deputi Urusan Informasi
Kementerian Lingkungan Hidup
Gd. B, Lt.6 Jl. DI Panjaitan Kav.24 Telp 6221-8580081
Jakarta