KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Pusat Pengelolaan Ekoregional Kalimantan menyelenggarakan Rapat Koordinasi Lingkungan Hidup Ekoregion Kalimantan yang dilaksanakan selama 2 hari, yaitu pada tanggal 29-30 Maret 2011 di Hotel Banjarmasin Internasional, Banjarmasin Kalimantan Selatan. Rapat Koordinasi Lingkungan Hidup Ekoregion Kalimantan akan diikuti oleh unit-unit di Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, BAPPENAS, Pusat Pengelolaan Ekoregion Kalimantan (PPE Kalimantan), Instansi Lingkungan Hidup Provinsi se-Kalimantan (BLH Provinsi), Instansi Lingkungan Hidup Kabupaten/Kota se-Kalimantan (Badan/Dinas/Kantor/bagian LH), Pusat Studi Lingkungan (PSL/PPLH) dari 4 Provinsi di Kalimantan, LSM dan instansi sektor lainnya.

Dalam pertemuan ini akan dibahas program-program atau kegiatan pengelolaan lingkungan hidup yang dilakukan oleh KLH, PPE Kalimantan, BLH Provinsi, Instansi Lingkungan Hidup Kabupaten /Kota dan pihak-pihak lainnya. Pada Rakor tersebut, juga akan dibahas usulan program/kegiatan tahun 2012 dari masing-masing daerah, ini ditujukan untuk mensingkronkan program/kegiatan tahun 2012 dari masing-masing daerah, ini ditujukan untuk mensingkronkan program/kegiatan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, menjaring aspirasi pemerintah daerah dalam pengelolaan SDA dan lingkungan hidup, memperoleh profil pengelolaan SDA dan lingkungan hidup daerah, serta mengkomunikasikan berbagai kendala dan hambatan yang dirasakan daerah dan bagi KLH dalam rangka menyusun langkah konkrit penyelesaian permasalahan yang ada.

Metode pelaksananan Rapat Koordinasi ini antara lain adalah: (1). Pemaparan rencana strategis dan program kerja KLH 2011-2014 oleh Sekretaris Kementerian Lingkungan Hidup; (2). Pemaparan isu strategis dan rencana program pengelolaan lingkungan hidup Provinsi oleh 4 Gubernur se-Kalimantan atau yang mewakili; (3). Pembahasan melalui kelompok kerja terkait dengan pendanaan, inventarisasi dan sistem informasi lingkungan, pengendalian pemanfaatan ruang dan SDA, serta peningkatan kapasitas yang difasilitatori oleh PSL/PPLH se-Kalimantan.

Pada rapat koordinasi ini, akan dilakukan pula konsultasi teknis terkait kegiatan penurunan beban pencemaran, pengendalian kerusakan dan peningkatan kapasitas yang akan dibahas oleh pihak KLH. Dengan demikian, usulan kegiatan dari daerah dapat terklarifikasi secara sistematis dan terstruktur sehingga dapat menjadi masukan yang sesuai dengan sasaran strategis dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas LH) dan akan dijadikan masukan dalam MUSRENBANGNAS bulan April 2011 mendatang.

informasi lebih lanjut selahkan menghubungi:

Carles
Sekretariat
Telp/fax: (0542) 749175, 749175, 749206, 738375

email: ppekalimantan@gmail.com