KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Raker_Bali.jpgLatar Belakang :
Pembangunan di daerah sebagai bagian integral dari pembangunan nasional akan lebih ditekankan untuk mengembangkan daerah dan menyserasikan laju pertumbuhan antar daerah (desa dan kota), antar wilayah dan antar sektor disesuaikan dengan prioritas dan potensi daerah yang bersangkutan.

Kebijakan ini dimaksudkan untuk lebih meningkatkan efisiensi dan efektivitas setiap aktivitas pembangunan yang direncanakan sehingga taraf kehidupan dan kesejahteraan masyarakat di daerah secara bertahap dan menyeluruh ditingkatkan sambil mengurangi kesenjangan yang ada antar daerah dan wilayah.

Beberapa kendala seperti keterbatasan sumberdaya (pembiayaan, alam dan manusia) dan kemampuan manajerial pemerintah untuk daerah-daerah tertentu merupakan tantangan yang harus dicarikan jalan keluarnya secara bersama. Empat kata kunci yang mungkin dapat membantu penyelesaian masalah lingkungan antara lain adalah kebijakan, program/kegiatan, strategi dan komitmen. Kebijakan yang dikembangkan hendaknya dapat mengikat berbagai komponen bangsa untuk dapat melaksanakan secara bersama-sama tujuan dan sasaran yang hendak dicapai, yaitu pembangunan yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan. Program dan kegiatan yang dikembangkan hendaknya dapat dilaksanakan oleh berbagai tingkatan pelaksanaan dan merupakan upaya-upaya penyelesaian masalah yang dihadapi. Strategi yang dikembangkan hendaknya mampu meningkatkan peran serta masyarakat untuk berperan dalam pembangungan lingkungan hidup. Sedangkan komitmen adalah merupakan kata kunci yang sangat menentukan keberhasilan pembangunan lingkungan hidup.

Overview : 

Raker_Bali2.jpgRapat Koordinasi Lingkungan Hidup Regional Bali dan Nusa Tenggara merupakan agenda tahunan Pusat Pengelolaan Lingkungan Hidup Regional Bali dan Nusa Tenggara.  Tahun ini Rapat Koordinasi Regional Lingkungan Hidup dilaksanakan di Kota Kupang – Nusa Tenggara Timur, yaitu pada tanggal 5 – 6 Maret 2007. Kegiatan dibuka oleh Menteri Negara Lingkungan Hidup diikuti oleh beberapa pejabat Kementerian Lingkungan Hidup, dan dihadiri sekitar 90 peserta. 

Sasaran Kegiatan : 
Ditujukan terutama bagi para penentu kebijakan dan instansi lingkungan hidup di daerah, meliputi : Walikota/Bupati, Bapedalda, Bappeda dan instansi terkait lainnya, tingkat Provinsi & Kabupaten / Kota. 

Hasil Kegiatan : 
Adanya strategi dan komitmen bersama untuk meningkatkan kinerja pelaksanaan program lingkungan hidup di daerah, ( Pusat, Regional, Provinsi dan Kabupaten / Kota ). 

Tindak Lanjut : 
Implementasi strategi yang telah ditetapkan dan mengevaluasi pelaksanaan program lingkungan hidup di daerah.

Sumber:
Pusat Pengelolaan Lingkungan Hidup Regional Bali, Nusa Tenggara

Jl. Ir. Juanda No.2 Niti Mandala

Renon Denpasar-BALI