KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

PEKANBARU 28-29 NOPEMBER 2005. Akhir-akhir ini di Sumatera kita banyak dihadapkan oleh masalah-masalah lingkungan baik masalah pencemaran air, udara, kerusakan hutan dan lain-lain Contohnya, proyek pembuatan jalan Ladia Galaska, Kebakaran Hutan di Riau, Sumatera Utara dan Jambi, pencemaran Danau Toba, pencemaran Sungai Siak, pertambangan liar di Provinsi Bangka Belitung. Masalah-masalah ini sangat kompleks, melibatkan banyak instansi, kepentingan pemerintah daerah, kepentingan-kepentingan bisnis dan ekonomi masyarakat. Penanganan masalah juga menjadi sangat kompleks dan tidak bisa dilakukan sendiri baik oleh KLH maupun Bapedalda provinsi atau Bapedalda Kabupaten/Kota. Sekarang masyarakat juga sangat kritis dan mulai menyadari haknya untuk mendapat lingkungan yang bersih dan sehat sehingga banyak tuntutan kepada pemerintah untuk dapat menangani permasalahan lingkungan secara cepat dan tuntas.

Tujuan diadakannya Rapat Koordinasi ini untuk : menserasikan dan mengkoordinasikan kebijakan program, strategi dan kegiatan pengelolaan lingkungan hidup diwilayah Sumatera; untuk lebih meningkatkan koordinasi antara pemerintah pusat, provinsi dan Kabupaten/Kota.

Manfaatnya dapat meningkatkan kemampuan dan pemahaman para aparatur Pemda khususnya di Kabupaten/Kota di bidnag lingkungan hidup; terciptanya komunikasi, transparansi, akuntabilitas dan kejelasan pembagian wewenang, tugas dan tanggungjawab semua pihak.

Acara ini dibuka oleh Gubernur Provinsi Riau dan Menteri Negara Lingkungan Hidup dan dihadiri oleh para Deputi dan Staf Ahli KLH, Staf Khusus MENLH, Ketua DPRD Propinsi Riau, Kepala PPLH Regional Sumatera, Walikota Pekanbaru, Ketua DPRD Kota Pekanbaru.

Informasi lebih lanjut mengenai Rapat Koordinasi Pengelolaan Lingkungan Hidup Regional Sumatera dapat menghubungi kantor Kementerian Negara Lingkungan Hidup RI – PPLH Regional Sumatera.
Jl. H.R. Soebrantas Km.10,5 Panam, Pekanbaru – Riau
Telp./Fax.: 0761 – 62962