KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Pada tanggal 28-29 Agustus 2007 bertempat di Twin Plaza Hotel, Slipi, Jakarta Barat, telah dilaksanakan RapatTeknis pembahasan rancangan standar kompetensi Bidang Lingkungan. RapatTeknis dilakukan oleh Panitia Teknis Perumusan Standar Kompetensi Personil dan Lembaga Jasa Lingkungan (selanjutnya disebut Panteknis SKPJL) dan para pemrakarsa usulan standar serta wakil pemangku kepentingan yang terkait.

Agenda Rapat Teknis membahas 3 (tiga) rancangan Standar Kompetensi yaitu: 1. Standar Kompetensi Personil Penyusun Dokumen AMDAL dan Persyaratan Kompetensi Lembaga Penyedia Jasa Penyusun Dokumen AMDAL, pemrakarsa : Asisten Deputi Urusan Pengendalian Dampak Lingkungan, KLH 2. Standar Kompetensi Petugas Pengambil Contoh (PPC) Air Permukaan dan Air Limbah, serta Persyaratan Lembaga/Laboratorium Pengujian Parameter Lingkungan, pemrakarsa : Asdep Standteksih dan Pusat Sarana Pengendalian Dampak Lingkungan (Pusarpedal), KLH. 3. Standar Kompetensi Manajer Pengendalian Pencemaran Air (MPPA), pemrakarsa : Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Perindustrian dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Rapat teknis bertujuan untuk pemantapan materi substansi dengan mengundang wakil pihak berkepentingan untuk memberikan masukan dan tanggapan. Wakil pihak berkepentingan terdiri dari 4 (empat) kelompok, yaitu ; Pemerintah, Pengguna Jasa, Penyedia Jasa dan Perguruan Tinggi, masing¬masing di undang 10 orang yang mewakili. Hasil pembahasan menyepakati bahwa untuk rancangan standar kompetensi Penyusun Dokumen AMDAL dan MPPA telah mencapai konsensus dan diperbaiki menjadi Rancangan Akhir Standar (RAS), sedangkan untuk rancangan standar kompetensi PPC statusnya saat ini adalah Rancangan Standar 3 (RS 3) masih memerlukan konfirmasi akhir kepada anggota panitia teknis dan peserta rapat sebelum menjadi Rancangan Akhir Standar (RAS). Dokumen yang sudah berstatus RAS sudah dapat dilihat pads website ini. Proses selanjutnya adalah pengesahan oleh MENLH.

Jakarta, September 2007
Sekretariat Panitia Teknis Standar Kompetensi Bidang Lingkungan
Asisten Deputi Urusan Standarisasi, Teknologi dan Produksi Bersih,
Deputi Bidang Pembinaan Sarana Teknis dan Peningkatan Kapasitas,
Kementerian Negara Lingkungan Hidup
e-mail : kompetensi_lingkungan@yahoo.co.id