KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

000_1182.JPGCamplong, 21  Juni 2006. Bertempat di sumber mata air Camplong, Kabupaten Kupang, (sekitar 30 km dari Kupang), dilaksanakan Upacara Hari Lingkungan Hidup Provinsi Nusa Tenggara Timur. Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur, Ketua DPRD, Sesmen LH, Bupati Kupang, Bupati Rote Ndau, Bupati Timor Tengah Selatan, Bupati Alor, Walikota Kupang, dan beberapa Wakil Bupati, Deputi I s/d V KLH, dan unsur Muspida.

Sekitar 1000 orang undangan dari berbagai lapisan masyarakat turut memeriahkan  acara tersebut yang dirangkaikan dengan kegiatan pasar murah, atraksi kesenian daerah,  dan pengobatan gratis untuk warga masyarakat sekitar. Dalam kesempatan tersebut, Wakil Gubernur menyerahkan penghargaan Kalpataru Tingkat Provinsi NTT kepada 12 orang warga NTT yang telah  berhasil melakukan  penanaman pohon dan pembinaan masyarakat. Kegiatan ini diakhiri dengan dialog interaktif, penandatangan Piagam Kerja Sama antara  Bapedalda NTT, Pusat PLH Regional Balinusra, dan Kwarda Pramuka, serta penanaman pohon di sekitar mata air Camplong.

Beberapa isu yang berkembang saat dialog, antara lain menyangkut upaya pemberdayaan masyarakat, penegakan hukum, dan upaya penertiban kegiatan ternak yang selama ini berkeliaran. Sehari sebelum pelaksanaan Upacara Hari Lingkungan Hidup,  dilaksanakan Rapat Kordinasi Tata Praja Lingkungan bertempat di Hotel Kristal, Kupang. Para peserta terdiri Kepala Bapedalda Kabupaten/Kota se-Nusa Tenggara Timur, para Bupati dan Wakil Bupati, Kepolisian Daerah NTT, Lanudal, dan  dari instansi terkait.

Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur, Menteri Negara Lingkungan Hidup mengajak semua komponen masyarakat untuk mau menanam dan merawat pohon, sebagaimana  telah dilakukan  oleh 13 orang/kelompok penerima Kalpataru sejak tahun 1980 hingga 2006 di Provinsi Nusa Tenggara Timur, di samping para penerima Kalpataru Tingkat Provinsi. Sekretaris Menteri Negara Lingkungan Hidup menyebut beberapa contoh kearifan lingkungan yang berkembang pada masyarakat NTT sebagai modal utama untuk berperan dalam pengelolaan lingkungan hidup (jp).***

Informasi Lebih Lanjut Hubungi:

Deputi VI

Ged. B Lantai 5 Kementerian Negara Lingkungan Hidup

Jl. D.I. Panjaitan, Kebon Nanas, Jakarta Timur 13410

Telp (021) 8520392; Faks. (021) 8580087