KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

DSC_0034_MURI_1.jpgPameran Kearifan Lokal Perempuan Indonesia Menuju Ketahanan Pangan Keluarga selain dikunjungi oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI). Rekor yang dipecahkan adalah pembuatan lumbung padi dari dodol. Sertifikat rekor MURI diserahkan langsung oleh Jaya Suprana pada hari Kamis 13 November 2008. Dalam sambutan serah terima sertifikat, Ibu Erna Witoelar selaku Koordinator Panitia menyampaikan bahwa pameran dan pembuatan lumbung padi dari dodol ini untuk menumbuhkan gerakan ketahanan pangan yang berasal dari produk lokal, jadi kita tidak tergantung pada produk impor terutama tepung. Lumbung Dodol dibangun dari dodol seberat 350 kilogram yang berasal dari Majalengka.

Pameran yang berlangsung dari tanggal 13-15 November 2008 di Balai Kartini Jakarta menampilkan kurang lebih 135 stand yang berasal dari instansi pemerintah pusat dan daerah,  dunia usaha, lembaga swadaya masyarakat, perguruan tinggi, serta PKK dari berbagai daerah.

Kementerian Negara Lingkungan Hidup ikut mendukung kegiatan tersebut dalam dua buah stand. Di stand KLH ditampilkan program strategis KLH, pembagian bahan publikasi VCD, majalah Serasi, Buku, komik lingkungan, brosur dan poster. Di samping itu juga menampilkan hasil pembuatan bahan makanan dari buah mangrove bekerjasama dengan LSM Mangrove.  (Arief Sumargi)