KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Ratusan Siswa SLTA Ikut "Toyota Eco Youth"
JAKARTA, KSP – Tak kurang dari 300an, sekolah menengah dari berbagai penjuru tanah air mengikuti program "Toyota Eco Youth" yang dijalankan oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dan PT Toyota Astra Motor (TAM). Sekolah¬sekolah itu tersebar di sejumlah kota antara lain Medan, Palembang, Pekanbaru, Bandar Lampung, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Pontianak, Banjarmasing, Makasar, Manado dan Jayapura.

Untuk menentukan 30 peserta utama, sekolah-sekolah itu mengikuti kontes essay pendek, dan selama kurun waktu tersebut, tim juri dari Yayasan Kirai Indonesia melakukan penilaian sekaligus menyodorkan saran-saran untuk lebih meningkatkan kualitas proyek seluruh peserta.

Johnny Darmawan, Presiders Direktur TAM memuji komitmen para peserta.
…. "Saya bangga pada 30 sekolah peserta yang berperan aktif dalam mengembangkan proyek perbaikan lingkungan hidup."

Setelah tujuh bulan mengikuti kontes pengolahan limbah, SMA Semen Gresik akhirnya ditetapkan sebagai pemenang utama, dan berhak memperoleh hadiah berupa dukungan finansial untuk membeli alat-alat sekolah sebesar Rp. 75 juta. SMA Negeri Pekanbaru berada diurutan kedua dan SMK 2 Palembang diurutan ketiga. Sementara pemenang harapan 1 dan 2 diraih oleh SMK Negeri 3 Madiun dan SMAN 8 Banjarmasin.

Penutupan program TEY kali ini ditutup dengan pameran di Taman Menteng Jakarta Pusat, yang dimeriahkan dengan panggung gembira dengan menampilkan Duta Eco Youth, Bunga Citra Lestari dan Duta Lingkungan Hidup, Valerina Daniel.

Ada pun 30 sekolah yang lolos seleksi yang memamerkan karyanya di Taman Menteng dalam Program Toyota Eco Youth 3 2007-2008 adalah: 1. Jakarta, SMAN 33, SMA Nurul Falah, dan SMKN 36, 2. Bandung, SMAN 21, SMKN 7 dan SMAN 2., 3. Semarang, SMKN 2, SMKN 6, SMAN 13 dan SMKN 7., 4. Surabaya, SMAN 12, SMA Semen Gresik dan SMKN 3 Madiun., 5. Medan, SMKN 10 dan SMK Telekomunikasi Sandhy Putra., 6. Pekanbaru, SMAN 8., 7. Palembang, SMAN 6 dan SMKN 2., 8. Bandar Lampung, SMA YP Unila dan SMAN 1., 9. Banjarmasin, SMAN 6 dan SMKN 4., 10. Pontianak SMAN 3 dan SMAN 1., 11. Makasar, SMAN 17 dan SMAN 5., 12. Manado, SMAN 7 dan SMA Kristen Eben Haezar., 13. Jayapura, SMKN 6 Jayapura 
ESP-04

Sumber:
Koran Surya Pagi
Hal 10
Edisi : 10-15 April 2008