KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

SANY0621_2_1.jpgTidak kurang 1500 orang warga Provinsi Sumatera Utara mengikuti dialog dengan Menteri Negara Lingkungan Hidup. Kegiatan ini merupakan rangkaian  kegiatan Revitalisasi Peran Penerima Anugerah Kalpataru yang dilaksanakan di Retreat Centre, Sibolangit, tanggal 17 April 2009. Penyelenggaraan kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama Kementerian Negara Lingkungan Hidup (Asdep Urusan Masyarakat Pedesaan) dengan Yayasan Peduli Lingkungan Hidup Indonesia (PILIHI). Peserta terdiri dari: Kader lingkungan pedesaan, Asosiasi Penangkar Tanaman (ASPENTA), pelajar, guru, Mahasiswa Pencinta Alam (MAPALA), Pramuka, BP DAS, HKTI, PGI, KWI, MUI, Walubi, LSM, petani, nelayan, dan  penerima Kalpataru.

Pada kesempatan ini berhasil dikumpulkan 30.000 polybag bibit pohon yang didistribusikan kepada peserta masing-masing sebanyak satu kantong bibit (25 pohon) untuk dibawa pulang dan ditanam. Dalam kegiatan ini dilakukan aksi penanaman 1000 pohon yang diawali oleh Menteri Negara Lingkungan Hidup dan  Muspida, terdiri dari pohon mahoni, meranti, albasia, pohon mangga, durian, asam glugur, jambu, rambutan, melinjo dll.

SANY0609_1.jpgSelain itu, dengan diwakili 5 duta lingkungan, dibacakan deklarasi yang ditandatangani oleh 7 orang penerima Kalpataru, masing-masing: Paris Sembiring, Marandus Sirait, Kuat Sudarta, Agung Sugiarta, Ngangkat Tarigan, Pdt Borong Tarigan, dan Jaholong Munthe. Salah satu butir deklarasi adalah, “memilih dan mendukung Calon Presiden dan Wakil Presiden yang berpihak pada lingkungan