KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Taman Nasional Kelimutu merupakan kawasan gunung berapi yang terletak di wilayah administrasi Desa Koanara, Kecamatan Kelimutu Kabupaten Ende Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Gunung ini memiliki tiga buah danau kawah di puncaknya.

Danau ini dikenal dengan nama Danau Tiga Warna karena memiliki tiga warna yang berbeda, yaitu hijau, biru, dan hitam. Itulah warna yang terlihat ketika kami mengunjungi lokasi tersebut pada tanggal 27 Juni 2010.  Walaupun begitu, warna-warna tersebut selalu berubah-ubah seiring dengan perjalanan waktu. Dan mitos yang diyakini warga setempat, bahwa setiap warna akan memberikan makna tersendiri.

Sejuknya hembusan angin dan kicauan burung yang silih berganti menyambut kedatangan kami pagi itu, membuktikan bahwa keanekaragaman hayati masih terpelihara, terjaga dan lestari. Bila penerapan upaya pemanfaatan jasa lingkungan berupa jasa penyediaan, pengaturan dan regulasi yang tidak merusak ekosistem dan mengurangi fungsi ekosistem seperti: usaha wisata alam, usaha olahraga tantangan, usaha pemanfaatan air atau usaha lainnya yang dilakukan secara terpadu, komprehensif serta pengawasan berkala, maka dipastikan akan memberikan manfaat yang dapat dirasakan langsung oleh penduduk setempat maupun oleh para pemangku kepentingan di daerah.

Kunjungan Ke Kelimutu merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Staf Ahli MENLH Bidang Ekonomi dan Pengentasan Kemiskinan, dalam tugas mewakili MENLH menghadiri Puncak Peringatan  HLH 2010 Se dunia Tingkat Provinsi NTT yang dipusatkan di Desa Magepanda, Ndete, Kabupaten Sikka pada tanggal 26 Juni 2010. Tema di tingkat Provinsi NTT “Sehati Sesuara Menyelamatkan Keanekaragaman Hayati Nusa Tenggara Timur