Round Table Discusion Penataan Ruang dan Pengelolaan Lingkungan Pasca Tsunami?

Jakarta, 12 Januari 2004. Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan peringatan 1 Tahuan Tsunami Kuallitas Lingkungan di NAD dan Nias setelah Satu Tahun?, Kementerian Lingkungan Hidup mengadakan Round Table Discusión yang membahas topik penataan ruang. Diskusi ini dihadiri oleh berbagai lembaga baik pemerintah maupun non pemerintah, serta menampilkan narasumber yang kompeten dibidangnya yang telah ikut serta [...]

1 Feb 2006 11:54 WIB

Jakarta, 12 Januari 2004. Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan peringatan 1 Tahuan Tsunami Kuallitas Lingkungan di NAD dan Nias setelah Satu Tahun?, Kementerian Lingkungan Hidup mengadakan Round Table Discusión yang membahas topik penataan ruang. Diskusi ini dihadiri oleh berbagai lembaga baik pemerintah maupun non pemerintah, serta menampilkan narasumber yang kompeten dibidangnya yang telah ikut serta dalam proses rehabilitasi dan rekonstruksi Pasca Tsunami, antara lain:

· Evaluasi Implementasi Blue Print dalam Rehabilitasai dan Rekonstruksi NAD dan Nias
Ir. Bembi Uripto, M.Sc, Deputi Bidang Sumberdaya Alam dan Lingkungan, BAPPENAS
· Arah Penataan Penataan Aceh
Hermanto Dardak, Dirjen Penataan Ruang, Kimpraswil
· Konsep dan Aktualisasi Eco-Village dalam rangka Rehabilitasi dan Rekonstruksi Aceh dan Nias
Arie D.D. Djoekardi, Koordinator Pokja Pemulihan dan Pengembangan Lingkungan Hidup Prop. NAD dan Kab. Nias, Prop. Sumatera Utara, Kementerian Lingkungan Hidup
· Informasi Spatial dalam Penataan Ruang
Prof.Dr.Ir. Joenil Kahar, Guru Besar ITB

Dalam pengantar diskusi, Bapak Isa Karmisa, Deputi MENLH Bidang Pembinaan Sarana Teknis dan Peningkatan Kapasitas menyampaikan bahwa diskusiini ditujukan untuk: (1). Mengidentifikasi/mengkonfirmasi berbagai persoalan lingkungan di lapangan serta memberikan rekomendasi bagi perbaikan penataan ruang di masa datang (2). Menyusun Rencana Aksi Tindak Lanjut baik pembangunan jaringan informasi maupun kegiatan pendukung lainnya. Selain itu beliau juga menyampaikan Peringatan Satu Tahun Tsunami yang akan berakhir pada tanggal 18 Januari 2006, akan dilanjutkan dengan beberapa kegiatan berikut:

· Penyusunan Kertas Posisi (Paper Position). Kertas posisi mencakup analisis mengenai kesenjangan (gap analysis) serta rekomendasi untuk ditindak lanjuti. Selain itu juga akan disusun proposal rencana kerja untuk membantu percepatan proses rehabilitasi dan rekonstruksi khususnya dalam pemulihan lingkungan di Propinsi NAD dan Aceh.
· Ekspose ke BAPEDALDA dan BRR. Akan dilakukan dialog dengan BAPEDALDA Propinsi NAD dan BRR untuk menindaklanjuti kertas posisi dan rencana kerja yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Ringkasan dan rekomendasi dari rangkaian kegiatan ini dapat dilihat pada dokumen terlampir (link ke dokumen ringkasan).

Untuk Informasi lebih Lanjut mengenai kegiatan Peringatan 1 Tahun Tsunami dan beberapa kegiatan terkait lainnya dapat menghubungi:

Asdep Data dan Informasi Lingkungan
Kementerian Negara Lingkungan Hidup
Jalan DI Panjaitan Kav. 24, Jakarta 13410
Tel./Fax: (021) 8580081
Email: hari@menlh.go.id

Kerjasama

  • Luar Negeri
  • Dalam Negeri
    • sponsor
    • sponsor
    • sponsor
    • sponsor
    • sponsor