KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Kementerian Lingkungan Hidup pada tanggal 18 Januari 2006mengadakan Round Table Discussion yang membahas topik infrastruktur basis data lingkungan untuk mendukung percepatan proses rehabilitasi dan rekonstruksi. Diskusi ini dihadiri oleh berbagai lembaga baik pemerintah maupun non pemerintah, serta menampilkan narasumber yang kompeten dibidangnya yang telah ikut serta dalam proses rehabilitasi dan rekonstruksi Pasca Tsunami, antara lain:

  • Perkembangan Kegiatan Rehabilitasi dan Rekonstruksi di NAD dan Nias: peluang dan Tantangan. Djoko Sasono, Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi (BRR)Penataan Ruang Gampong Berbasis Masyarakat: Sebuah upaya mendukung proses rehabilitasi dan rekonstruksi di Aceh. Ita Natalia, Jaringan Kerja Pemetaan Partisipatif(JKPP)
  • Geodatabase dan Jaringan Informasi Spasial untuk Rekonstruksi dan Rehabilitasi NAD dan Nias Dr. Ketut Wikantika, Center for Remote Sensing ITB

Beberapa usulan yang mengemuka pada diskusi ini antara lain perlunya keterlibatan masyarakat yang luas dilokasi yang terkena bencana untuk menjamin status lahan dan kepemilikan selanjutnya. Menerapkan pendekatan pemetaan partisipatif (participatory mapping) sebagai alternatif dalam penyelesaiaan pemetaan pada skala komunitas. Selain itu itu juga disampaikan perlunya pembentukan Komite/Konsorsium pengadaan data spasial digital untuk mempercepat proses penataan ruang pada tingkat makro (RTR Kabupaten/kota), maupun pada skala mikro (kecamatan/desa).

Ringkasan dan rekomendasi dari rangkaian kegiatan ini dapat dilihat pada dokumen terlampir.

Untuk Informasi lebih Lanjut mengenai kegiatan Peringatan 1 Tahun Tsunami dan beberapa kegiatan terkait lainnya dapat menghubungi:

Asdep Data dan Informasi Lingkungan
Kementerian Negara Lingkungan Hidup
Jalan DI Panjaitan Kav. 24, Jakarta 13410
Tel./Fax: (021) 8580081
Email: hari@menlh.go.id