KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Pagi hari sekitar pukul 06.00 waktu setempat, suasana halaman gedung Bali Internaitonal Convention Center (BICC) masih lengang. Para delegasi dari berbagai negara dan panitia kemungkinan masih tidur atau sedang menikmati sarapan pagi. Tapi ada sekelompok Polisi Perserikatan Bangsa-Bangsa (UN Police) tampak sibuk lalu lang bersama beberapa anggota Polisi RI (Polri) di halaman depan gedung BICC.

Mereka itu, adalah petugas pengibar bendera yang akan menaikkan bendera PBB dan Merah Putih pada upacara pengibaran bendera (raising rlag) sebagai acara pertama dalam agenda kegiatan Pertemuan Para Pihak ke-9 Konvensi Basel di Nusa Dua Bali atau COP9 Basel Convention. Upacara bendera ini dipimpin oleh Mr. John Njoroge Michuki, Menteri Lingkungan Hidup Kenya selaku Presiden COP8 Konvensi Basel. Menjadi inspektur upacara inilah yang menjadi kegiatannya yang terakhir selaku presiden.

Entah karena para polisi PBB berasal dari beberapa negara yang berbeda, dengan tata upacara serta cara berbaris yang juga berbeda, maka gerak langkah merekapun selalu tidak kompak. Ada saja kekelliruan gerakan yang mereka lakukan untuk suatu aba-aba. Akibatnya, latihan upacara dan baris berbaris di pagi hari dilakukan berulang-ulang, demi menghindari kesalahan mengartikan aba-aba dari komandan.

Dalam hal ini, jelas sekali perbedaannya dengan tim pengibar bendera Merah Putih dari Polda Bali. Selain gerakannya terlihat sangat kompak, sara mereka menaikkan benderapun rapi seperti Paskibraka. Meski polisi PBB telah melakukan latihan dengan serius, namun tetap saja terjadi kesalahan melipat bendera, sehingga saat dibentang, gambar pada bendera tampak terbalik. Petugas pengibar bendera PBB terpaksa harus membetulkan kembali bentangan bendera. Namun, bukan berarti persoalan telah berakhir. Saat bendera dikerek ke puncak tiang, tanpa sadar posisi tali bendera juga keliru sehingga terjadi lilitan yang menyulitkan bendera naik ke puncak tiang.

Meski petugas tampak mesti berhati-hati (takut tali bendera putus di pertengahan tiang), bendera PBB yang berwarna biru muda bergambar peta dunia lambang PBB akhirnya mencapai puncak tiang.. Kencangnya hembusan angin di kawasan Nusa Dua membuat dua bendera yang berkibar bersanding tampak gagah.

Presiden COP8 Basel Convention, Mr. John Njoroge Michuke selaku inspektur upacara tampak tidak terlalu hirau dengan tata protokoler upaca. Dengan didampingi Sekretaris Eksekutif Konvensi Basel, Ms. Katharina Kummer Peiry, ia menerima laporan dari Komandan Tim Polisi PBB selaku Komandan Upacara. Sejumlah pejabat Kementerian Negara Lingkungan Hidup, Departemen Luar Negari dan beberapa staf Sekretariat Konvensi Basel ikut serta dalam upacara yang berlangsung tak lebih dari sepuluh menit ini. (Paulus Londo)