KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Kata hemat kini mulai sering didengungkan di mana-mana. Hal ini dapat dilihat di kantor-kantor yang mulai menerapkan sistem yang hemat energi. Sistem seperti ini dapat dilakukan mulai dari menggunakan peralatan kantor secara bijak. Salah satunya adalah ketika menggunakan printer.
Printer memang salah satu perlengkapan kantor yang cukup sering digunakan. Apalagi jika aktivitas di kantor Anda membutuhkan kebutuhan cetak-mencetak yang cukup rutin. Menggunakan printer terlalu sering tentu sama juga dengan menghabiskan kertas dalam skala yang besar
Agar hal tersebut tidak terjadi, sebaiknya Anda membiasakan diri menggunakan kertas yang akan dicetak di printer dengan bijak. Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan meminimalkan jumlah penggunaan printer dengan memperkecil hasil cetakan untuk jatah dua halaman ke dalam satu lembar kertas. Hal ini akan menghemat printer dalam bekerja sekaligus menghemat pengeluaran kertas.
Untuk melakukan hal tersebut, Anda cukup mengurangi ukuran font setiap halaman dan putar 90 derajat sehingga dua halaman dapat cukup diletakkan secara bersebelahan dalam satu lembar kertas. Jadi bentuknya akan seperti booklet. Melalui cara ini, Anda dapat menghemat biaya cetak hingga 50%.
Pilihan bentuk seperti ini dapat Anda jumpai di program-program seperti Microsoft Word dan Adobe Reader pada menu Print. Anda pun dapat membiasakan diri mencetak dokumen secara bolak-balik. Contohnya, jika Anda ingin mencetak dua lembar dokumen, maka cetaklah dua lembar dokumen tersebut ke dalam satu kertas secara bolak-balik. Selain itu, Anda pun dapat memanfaatkan kertas bekas yang baru terisi bagian belakangnya saja. Melalui cara ini, Anda dapat menghemat biaya kertas di kantor.
Cara ini memang tidak terlalu praktis, apalagi ketika Anda memang akan mencetak dalam ukuran asli dalam ukuran penuh. Namun, hal ini cukup berguna ketika Anda hendak mencetak dokumen untuk kepentingan memeriksa, membaca, atau menyimpannya sebagal referensi.
Selain menggunakan cara di atas, sebenarnya ada cara yang lebih baik lagi untuk menghemat kertas dan penggunaan printer di kantor. Caranya adalah dengan tidak mencetak dokumen sama sekali. Maksudnya adalah, jika tidak terlalu penting, sebaiknya Anda membaca dokumen tersebut langsung dari computer. Selain itu, jika teman Anda mau mellhatnya juga, Anda tinggal mengirimkan dokumen tersebut melalui fasilitas e-mail (INO).

Sumber :
Kompas
24 maret 2010
Penulis: INO